Liga Inggris

Jadi Pahlawan Tottenham, Ini Ungkapan Hati Toby Alderweireld

Senin, 13 Juli 2020 13:11 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Marc Atkins/GETTYIMAGES
Toby Alderweireld mengungkapkan perasaannya setelah membantu Tottenham Hotspur menang atas Arsenal di Liga Inggris, Minggu (12/07/20). Copyright: © Marc Atkins/GETTYIMAGES
Toby Alderweireld mengungkapkan perasaannya setelah membantu Tottenham Hotspur menang atas Arsenal di Liga Inggris, Minggu (12/07/20).

INDOSPORT.COM - Pemain Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld, menjadi pahlawan bagi klubnya atas kemenangan saat melawan Arsenal di Liga Inggris musim 2019-2020.

Dalam jadwal lanjutan kompetisi Liga Inggris pekan ke-35 musim ini telah mempertemukan dua klub yang berasal dari London Utara, Tottenham Hotspur vs Arsenal, pada Minggu (12/07/20) malam WIB di Tottenham Hotspur Stadium.

Pasukan Jose Mourinho akhirnya mampu memenangkan pertandingan Derby London Utara tersebut dengan skor 2-1. Meski sempat tertinggal karena kebobolan lewat Alexandre Lacazette pada menit ke-16, tim tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan tiga menit setelah gol tersebut.

Gol penyama skor itu dicetak oleh Son Heung-min pada menit ke-19, skor imbang hingga babak pertama usai. Di laga babak kedua, hingga sembilan menit sebelum laga usai, belum terjadi gol sama sekali. Namun, pada menit ke-81 Toby Alderweireld berhasil memecah kebuntuhan dan mencetak gol.

Meski memenangkan pertandingan, Tottenham Hotspur sebenarnya tidak bisa mendominasi permainan. Pasukan Mikel Arteta-lah yang menguasai jalannya pertandingan dengan 62,9 persen penguasaan bola dan Spurs hanya 37,1 persen.

Kemenangan yang didapatkan oleh anak asuh Jose Mourinho ini kurang lebih mereka mampu memanfaatkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pemain belakang dari The Gunners dan skema bola-bola mati.

Kesalahan itu terlihat saat prosesi terjadinya gol yang dicetak oleh Son Heung-min, ia berhasil merebut bola dari kesalahan backpass Sead Kolasinac yang memberikan umpan kepada David Luiz sebagai pemain belakang terakhir. Son berhasil merebut dan mampu membobol gawang dari Emiliano Martinez.

Sedangkan dalam eksekusi bola mati terjadi pada gol penentu yang dicetak melalui sundulan kepala Toby Alderweireld yang mengomptimalkan tendangan pojok. Pemain asal Belgia tersebut berhasil menanduk bola hasil tendangan pojok dari Son Heung-min.

Sebagai penentu kemenangan di laga bertajuk Derby London Utara, Alderweireld pun mengaku sangat senang dengan kemenangan tersebut. Ia memiliki hasrat yang luar biasa untuk memenangkan pertandingan Liga Inggris itu.

“Saya rasa ini luar biasa bagi kami. Saya pikir kami benar-benar berhasrat untuk memenangi laga tersebut. Anda tentu tahu laga ini sulit karena tak ada para penonton, tapi saya kira kami telah melakukan segalanya dengan baik,” kata Toby Alderweireld dilansir dari BBC.

Meski memenangkan pertandingan, pemain asal Belgia tersebut juga menambahkan bahwa kemenangan atas Arsenal ini merupakan buah keberuntungan. Sebab, dilaga sebelumnya Tottenham belum memiliki keberuntungan saat berjumpa Bournemouth.

“Saya menilai kami memang sedikit beruntung bisa mendapatkan tiga poin penuh di laga ini. Hal tersebut berkaca dalam laga sebelumnya yang belum bisa mendapatkan keberuntungan saat melawan Bournemouth,” tambahnya.

Dengan hasil kemenangan tersebut, Tottenham Hotspur berhasil menggeser Arsenal di peringkat kedelapan usai mengumpulkan 52 poin dari 35 pertandingan yang sudah mereka jalani dalam kompetisi Liga Inggris musim ini. Antara The Gunners dan Spurs hanya berselisih dua angka saja.

Di sisi lain, ini adalah kemenangan yang mengesankan bagi para pemain asuhan Jose Mourinho. Bagaimana tidak, dengan kemenangan atas Arsenal, bisa membuat Spurs melangkah untuk bisa mengunci satu tiket ke kompetisi Eropa musim depan.