Liga Indonesia

Persib Bandung Sudah Siapkan Protokol Kesehatan

Senin, 13 Juli 2020 03:29 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Rafif Rahedian
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Liga 1 2020 Persib Bandung, Rafi Ghani, sudah membuat panduan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat tim beraktivitas kembali baik di dalam maupun luar lapangan. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Liga 1 2020 Persib Bandung, Rafi Ghani, sudah membuat panduan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat tim beraktivitas kembali baik di dalam maupun luar lapangan.

INDOSPORT.COM - Dokter tim Liga 1 2020 Persib Bandung, Rafi Ghani, sudah membuat panduan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat tim kembali beraktivitas, baik di dalam maupun luar lapangan.

Menurut Rafi, protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 yang disiapkan olehnya, tetap mengacu pada aturan yang dikeluarkan oleh PSSI, WHO dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Jadi sebetulnya saya sudah buat protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru sepak bola di tim Persib Bandung. Acuannya tetap ke PSSI pusat, PSSI Jabar, WHO dan Kemenkes, jadi saya buat protokol, insya Allah sebaik mungkin untuk esensi protokol ini," kata Rafi.

Rafi menambahkan, sudah mensosialisasikan mengenai protokol kesehatan yang akan diterapkan  pada latihan bersama di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), kepada pemain, pelatih dan official tim di Graha Persib, Jalan Sulanja, Kota Bandung, Senin (06/07/2020).

"Makanya saya selalu memberikan pengarahan pada pelatih, pemain dan official agar mereka bisa mengetahui esensi protokol kesehatan yang kita lakukan sama-sama," jelas Rafi.

Selain itu, Persib sudah bersepakat dengan pengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, terkait rencana penerapan protokol kesehatan saat tim beraktivitas di GBLA.

Persib juga sudah menggelar dua kali swab tes, tahap pertama diikuti 48 orang yang terdiri dari pemain, jajaran pelatih dan official tim, Jumat (03/07/2020), hasilnya seluruhnya dinyatakan negatif covid-19.

Sedangkan tes tahap kedua, baru digelar pada Jumat (10/07/20), kali ini diikuti 12 orang, 8 di antaranya merupakan pemain, Liga 1 2020 yakni Teja Paku Alam, Ardi Idrus, Frets Butuan, Beni Oktovianto, Ghozali Siregar, Esteban Vizcarra, Mario Jardel dan Muhammad Natshir.