Liga Indonesia

Robert Rene Alberts Nilai Iklim Kompetisi Liga 1 2020 Akan Terasa Berbeda

Kamis, 16 Juli 2020 10:36 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Media officer Persib
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat mengunjungi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (30/06/2020). Copyright: © Media officer Persib
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat mengunjungi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (30/06/2020).

INDOSPORT.COM - Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menilai situasi dan kondisi kompetisi Liga 1 2020 akan berbeda, jika dibandingkan dengan liga negara lain yang mayoritas sudah memasuki pekan akhir. 

Sebagai informasi, Liga 1 2020 baru memasuki pekan ketiga dan terpaksa dihentikan dipertengahan Maret 2020, karena pandemi corona atau Covid-19. Sebelum dihentikan, Persib sudah melakoni tiga pertandingan, menghadapi Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman. 

PSSI sudah mengambil keputusan terkait masa depan kompetisi, rencanannya Liga 1 2020 akan kembali digelar pada 1 Oktober 2020 hingga Februari 2021 dan pertandingan akan dipusatkan di Pulau Jawa, serta tanpa penonton.

"Tentu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Seperti yang sudah saya katakan dalam pertemuan, banyak liga di dunia mereka memulai lagi (kompetisi) untuk menuju perebutan juara. Indonesia, seperti kita ketahui baru saja memulai kompetisi sebelum liga dihentikan sementara. Jadi tentunya ada perbedaan motivasi dan cara untuk membangun timnya (kembali)," kata Robert dikutip laman Persib. 

"Contohnya di Liga Inggris, Liverpool, Bayern Munchen di Liga Jerman dan lain-lain, mereka memulai kompetisi setelah jeda untuk langsung menatap gelar juara atau jelang kompetisi usai. Tentu itu berbeda situasi dengan Indonesia," jelas Robert Alberts menambahkan. 

Dilanjutkannya kompetisi Liga 1 2020, menjadi tantangan bagi Robert Alberts untuk melanjutkan tren positif tim Persib. Pasalnya, sebelum dihentikan, tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih poin penuh dalam tiga laga dan saat ini berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 9 poin. 

Selain itu, dihentikannya kompetisi karena covid-19, pasti akan mempengarungi motivasi anak asuhnya. Sehingga, ia akan berusaha mengembalikan kepercayaan diri pasukannya seperti dalam tiga laga awal Liga 1 2020. 

"Liga (Indonesia) baru saja memainkan tiga pertandingan dan ada perjalanan panjang di depan. Kami sudah memainkan tiga pertandingan dengan start yang baik. Tapi, saat ini kita berbicara tentang motivasi tim untuk memulai lagi kompetisi setelah jeda yang panjang," pungkasnya.

Sementara itu, mayoritas pemain Persib saat ini sudah berada di Bandung dan menjalani swab tes secara bertahap. Meski begitu, skuat Maung Bandung belum menentukan jadwal untuk menggelar latihan perdana. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%