Liga Inggris

Usai Bantai Liverpool, Arsenal Lakukan Hal Berkelas soal Rasis

Kamis, 16 Juli 2020 10:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Glyn Kirk/Pool via Getty Images
Usai habisi Liverpool di pekan 36 Liga Inggris, Arsenal lakukan tindakan berkelas perangi rasisme. Copyright: © Glyn Kirk/Pool via Getty Images
Usai habisi Liverpool di pekan 36 Liga Inggris, Arsenal lakukan tindakan berkelas perangi rasisme.

INDOSPORT.COM - Kemenangan tipis atas Liverpool di pekan ke 36 Liga Inggris tak hanya disikapi dengan sukacita oleh Arsenal. Mereka pun sempat melakukan hal berkelas soal rasis kala dihabisi oleh Tottenham Hotspur pekan lalu.

Berawal ketika mereka menjalani laga tandang di Tottenham Hotspur Stadium, Son Heung-min selaku bintang tim tuan rumah dapat perlakuan tak sepantasnya dalam suatu kanal AFTV. Komentator sekaligus fans The Gunners, Claude Callegeri mengatakan "DVD telah dikembalikan" saat pemain lawan diganti.

Ungkapan DVD tersebut cenderung rasis bagi Son yang notebene pemain asal Korea Selatan atau dari benua Asia. Callegeri nampak tak sengaja ucapkan kata rasis ini setelah mengetahui Arsenal kandas 1-2 atas Spurs di pertandingan Liga Inggris bertajuk Derby London itu.

Tak berselang lama Callegeri pun langsung ditindak tegas oleh kubu Arsenal dalam kanal AFTV yang memang terkenal kerap memberitakan sepak terjang klub oleh para fans.

"Kami menyadari ada suatu video yang tersebar di media sosial terkait fans Arsenal yang mengutarakan ujaran rasis terhadap striker Tottenham Hotspur, Son Heung-min. Kami tak bisa bermurah hati terhadap aksi diskriminasi yang sangat meresahkan," dalam tanggapan tertulis Arsenal dilansir Sky Sports.

Aksi mulia penindakan tegas tak hanya dilakukan Arsenal kepada rasisme yang terjadi pada orang Asia, melainkan juga bagi ketidakadilan warga kulit hitam di Amerika Serikat. Kala Lacazette sukses menyamakan kedudukan lawan Liverpool, Kamis (16/07/20), ia bersimpuh lakukan gerakan Black Lives Matter.

Tak berselang lama, Arsenal pun langsung sukses memenangkan pertandingan ini berkat blunder konyol dari Virgil van Dijk dan Alisson Becker. Reiss Nelson sukses gandakan keunggulan jadi 2-1 sehingga mereka menang atas tim juara Liga Inggris musim ini.

Terlepas dari aksi berkelas lawan tindakan rasis, Arsenal bisa dibilang boleh berbangga karena bisa mengalahkan Liverpool yang nyaris tak terkalahkan musim ini. Lacazette beserta koleganya pun bisa berpuas diri bertengger di peringkat sembilan klasemen Liga Inggris sementara dengan 53 poin.