Liga Inggris

Hebat di Era Solskjaer, Bintang Man United Ini Bukti Mourinho Pelatih Gagal

Sabtu, 18 Juli 2020 12:14 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Regan/Getty Images
Bintang Manchester United, Anthony Martial, bukti bahwa Jose Mourinho pelatih gagal yang kehilangan sentuhan di Liga Inggris. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Bintang Manchester United, Anthony Martial, bukti bahwa Jose Mourinho pelatih gagal yang kehilangan sentuhan di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Jose Mourinho nampak sudah kehilangan sentuhan sebagai pelatih jempolan. Hal itu dibuktikan kala ia gagal membimbing bintang raksasa Liga Inggris, Manchester United, yakni Anthony Martial, yang kini malah hebat di era Ole Gunnar Solskjaer.

Sebelum menangani Tottenham Hotspur, Mourinho memang pernah bermukim ke klub besar asal Manchester itu. Berbekal rentetan prestasi seperti treble winner bareng Inter Milan dan kegemilangan kala di Porto maupun Chelsea, buat Setan Merah tertarik akan jasanya.

Memiliki strategi tersendiri, Mourinho secara tak langsung buat karier Anthony Martial hancur hingga tak mampu bersaing dengan skuat utama Manchester United. Rio Ferdinand selaku legenda pun menyayangkan hal ini setelah melihat potensi besar sang striker bersama pelatih pengganti, Solskjaer.

"Saya pikir Anthony Martial merupakan sosok utama yang membangun dalam kubu klub semenjak ditinggal oleh Mourinho. Jose Mourinho datangkan Zlatan Ibrahimovic, ambil nomor punggung sembilan, dan tentu saja hancurkan kepercayaan dirinya (Martial)," kata Rio Ferdinand dilansir laman berita Mirror.

"Pada akhirnya dia justru gemilang setelah dapat kepercayaan dari pelatih baru, itulah yang utama saat ini. Lihat saja, Martial jadi pemain wajib nomor sembilan yang memiliki kualitas lengkap hingga sukses membuat Manchester United bangkit secara signifikan," tambahnya lagi.

Anthony Martial sendiri menyatakan sangat bahagia kala ia mendapat kabar nomor punggung sembilan bisa ia gunakan sekali lagi, tepat saat Jose Mourinho ditendang pada tahun 2018 silam. Solskjaer langsung merasa percaya akan taji penyerang asal Prancis itu untuk mengarungi Liga Inggris bersama.

"Dia (Solskjaer) mengirimkan pesan ke saya dan bertanya, 'Maukah kau mengenakan nomor 9 lagi?' Saya lantang bersuara tentu saja dan dia memberitahukan jika segala waktu di lapangan boleh saya gunakan sepuasnya," ucap Martial dalam wawancara Canal+.

Terbukti dengan kombinasi yang tepat bersama Marcus Rashford dan kedatangan banyak pemain berbakat seperti Bruno Fernandes, Martial sekali lagi sukses tampil menggila dalam formasi 4-2-3-1 gawangan Solskjaer. Terbukti dengan statistik 22 gol musim ini Manchester United tinggal selangkah lagi rebut tiket Liga Champions.

Bagaimana dengan Jose Mourinho? Usai gagal manfaatkan juru gedor Manchester United, kini ia merana setelah membela Tottenham Hotspur. Ia hanya mampu buat The Lilywhites bertengger di peringkat tujuh klasemen Liga Inggris dan sudah gagal berjuang di Liga Champions usai kalah lawan RB Leipzig.