Liga Inggris

Hasil Pertandingan Piala FA: Man United vs Chelsea, The Blues Bantai Setan Merah

Senin, 20 Juli 2020 02:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter Chelsea
Chelsea berhasil melangkah ke partai puncak Piala FA 2019/20 usai membungkam Manchester United, Senin (20/07/20) dini hari WIB. Copyright: © Twitter Chelsea
Chelsea berhasil melangkah ke partai puncak Piala FA 2019/20 usai membungkam Manchester United, Senin (20/07/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil dan jalannya pertandingan semifinal Piala FA 2019/20 antara Manchester United vs Chelsea di Stadion Wembley, Senin (20/07/20) dini hari WIB.

Partai di semifinal Piala FA 2019/20 ini menjadi laga klasik bagi kedua tim. Tak terhitung seberapa sering keduanya bertemu di kompetisi domestik yang digelar sejak Stadion Wembley dibuka pada tahun 2007 silam.

Pada laga kali ini, baik Man United dan Chelsea mengesampingkan ambisinya berebut tempat di empat besar Liga Inggris dan fokus memenangkan laga semifinal untuk melawan Arsenal di partai puncak.

Berikut jalannya pertandingan semifinal Piala FA 2019/20 antara Manchester United vs Chelsea di Stadion Wembley, Senin (20/07/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Sejak peluit tanda babak pertama dimulai, Man United membuka serangan terlebih dahulu. Mengandalkan kecepatan Daniel James dan Marcus Rashford serta kecerdikan Bruno Fernandes, Setan Merah mencoba membongkar pertahanan Chelsea yang memainkan tiga bek.

Namun peluang pertama didapatkan Chelsea terlebih dahulu. Tepat pada menit ke-10, sepakan keras Reece James mengarah ke gawang Setan Merah. Namun David De Gea mampu tampil cekatan dan menghalau bola tersebut.

Chelsea pun berkesempatan membuka skor pada laga kali ini. Sayangnya tandukan Marcos Alonso menyambut umpan Reece James melambung tinggi pada menit ke-15.

Man United pun bukannya tanpa peluang. Setan Merah sempat mendapat peluang matang melalui tendangan bebas. Sayangnya, kesempatan itu gagal dimanfaatkan Bruno Fernandes untuk menjadi gol.

Laga pun sempat dihentikan beberapa menit akibat dua pemain Man United berbenturan. Keduanya adalah Eric Bailly dan Harry Maguire. Bahkan, akibat duel keduanya, Maguire hingga mendapat perban di kepala dan Bailly digantikan Anthony Martial.

Chelsea pun menjadi tim pertama yang berhasil menciptakan gol. Lewat tusukan Cesar Azpilicueta di lini kiri pertahanan Man United, pria asal Spanyol ini mengirim umpan silang ke Olivier Giroud yang berhasil mencetak gol lewat sontekan pelannya di menit ke-45+11. Skor 1-0 untuk The Blues.

Gol tersebut pun menutup pertandingan babak pertama Manchester United vs Chelsea pada ajang semifinal Piala FA 2019/20 di Stadion Wembley.

Babak Kedua

Di babak kedua, Chelsea yang unggul satu gol langsung tanca gas memborbardi pertahanan Man United. Hasilnya, Mason Mount berhasil mencetak gol kedua The Blues pada menit ke-46 usai De Gea lagi-lagi gagal menepis bola. Skor 2-0 untuk klub asal London Barat tersebut.

Tertinggal dua gol, Man United pun lantas meningkatkan intesitas serangan. Rashford hampir saja memperkecil kedudukan pada menit ke-51 jika tendangannya tidak melebar di sisi kanan gawang Chelsea.

Chelsea pun berpeluang menambah gol pada menit ke-58. Namun sepakan Giroud mampu ditepis dengan baik oleh De Gea. Hingga 60 menit pertandingan berlangsung, kedua tim terhitung bermain imbang sama kuat baik dari segi penguasaan bola dan dalam menciptakan peluang.

Entah apa yang terjadi dengan lini pertahanan Man United, Chelsea kembali memperlebar keunggulan. Kali ini umpan silang Marcos Alonso gagal diantisipasi dengan baik oleh Harry Maguire yang melakukan gol bunuh diri. Skor 3-0 untuk The Blues.

Usai gol ketiga tersebut, Man United pun mencoba membongkar pertahanan Chelsea. Namun ketatnya barisan bek The Blues serta pressing ketat yang ditampilkan oleh mereka membuat pergerakan lini serang Setan Merah mati kutu.

Man United pun akhirnya dapat memperkecil ketertinggalan. Berawal dari pelanggaran Callum Hudson-Odoi ke Martial, wasit menunjuk titik putih. Bruno Fernandes yang menjadi algojo sukses menceploskan bola ke gawang Chelsea di menit ke-85. Skor 1-3 untuk The Blues.

Namun hingga berakhirnya babak kedua, tak ada lagi gol tercipta. Alhasil Chelsea melangkah ke final Piala FA 2019/20 usai mengalahkan Manchester United. Di partai puncak, The Blues akan menjalani Derbi London melawan Arsenal.

Susunan Pemain:

Manchester United (3-4-1-2): De Gea; Bailly, Lindelof, Maguire;  Wan-Bissaka, Matic, Fred, Williams; Fernandes; James, Rashford

Chelsea (3-4-3): Caballero; Azpilicueta, Rudiger, Zouma; James, Jorginho, Kovacic, Alonso; Willian, Giroud, Mount