Liga Italia

Hasil Pertandingan Serie A Italia: Juventus vs Lazio, Pembuktian Cristiano Ronaldo

Selasa, 21 Juli 2020 04:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter Juventus
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo dalam pertandingan Serie A Italia kontra Lazio, Senin (20/7/20). Copyright: © Twitter Juventus
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo dalam pertandingan Serie A Italia kontra Lazio, Senin (20/7/20).

INDOSPORT.COM – Berikut hasil dan jalannya pertandingan Serie A Italia 2019-2020 pekan ke-34 antara Juventus vs Lazio, Selasa (21/7/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Sejak peluit tanda dimulainya babak pertama, baik Juventus dan Lazio mengambil inisiatif serangan. Tempo permainan pun berjalan begitu cepat dan bola banyak berkutat di lapanga tengah.

Bahkan permainan keras ditampilkan sehingga banyak pelanggaran tercipta di 10 menit babak pertama. Hal tersebut membuat Juventus mendapat peluang emas melalui situasi bola mati. Sayang tandukan Alex Sandro hanya membentur tiang gawang.

Dominasi pun ditunjukkan Juventus selepas peluang emas tersebut. Praktis, Lazio dibuat sibuk bertahan dan mengandalkan bola-bola panjang ke area pertahanan Si Nyonya Tua.

Kendati mengandalkan serangan balik, Lazio sempat mengejutkan pertahanan Juventus pada menit ke-16 saat sepakan Danilo Cataldi membentur badan bek Si Nyonya Tua dan melesat tipis ke samping gawang tuan rumah.

Pasca water break, Juventus pun kembali mengambil inisiatif serangan. Namun Lazio tampil solid di lini belakang. Barulah pada menit ke-35 Bianconeri mendapat peluang emas kembali.

Kali ini giliran Adrien Rabiot. Sayangnya sepakannya masih mampu dihalau kiper Lazio yang membuahkan sepak pojok. Situasi sepak pojok pun tetap gagal dimanfaatkan oleh Cristiano Ronaldo yang tandukannya menyamping di gawang lawan.

Dua menit menjelang babak pertama usai, Lazio kembali membuat kejutan untuk lini pertahanan Juventus saat sepakan keras Ciro Immobile dari luar kotak penalti membentur tiang gawang Si Nyonya Tua.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta bagi Juventus dan Lazio. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Usai 45 menit pertama berjalan tanpa gol, Juventus pun segera melakukan serangan di awal babak kedua. Babak kedua belum genap berjalan satu menit, Cristiano Ronaldo hampir saja membuka keunggulan untuk tuan rumah.

Sayangnya bola liar depan gawang Lazio berhasil disambar keluar dari area pertahanan oleh bek tim tamu. Tak cukup sampai disitu, Juventus lantas melancarkan serangan kembali melalui sepakan CR7  pada menit ke-47 yang mengenai tangan lawan yang dianggap berada di kotak 16.

Wasit pun lantas melihat VAR dan menunjuk titik putih. Cristiano Ronaldo yang menjadi algojo tak menyia-nyiakan peluang yang ia dapat dan mencetak gol pertama di laga ini sekaligus gol ke-29 di Serie A Italia 2019/20 menyamai Ciro Immobile. Skor 1-0 untuk Juventus.

Cristiano Ronaldo kembali mencetak gol keduanya di menit ke-54. Berawal dari kesalahan bek Lazio, Paulo Dybala berhasil merebut bola dan memberi umpan matang di depan gawang tim tamu dan membiarkan pria asal Portugal tersebut menceploskan bola ke gawang yang kosong. Skor 2-0 untuk Juventus.

Cristiano Ronaldo hampir saja mencetak gol ketiga dan keempatnya pada pertandingan ini. Sayangnya, tandukannya pada menit ke-62 dan 66 memanfaatkan umpan Dybala mampu dihalau oleh kiper tim tamu, Thomas Strakosha.

Lazio yang terlihat banyak bertahan mencoba mengimbangi permainan Juventus dan mencoba menyerang. Tetapi tak ada peluang emas tercipta hingga water break.

Pasca water break, tempo permainan berjalan lebih lambat. Lazio yang hanya mengandalkan serangan balik hampir saja memperkecil kedudukan jika sepakan jarak jauh Andre Anderson tidak membentur pemain Juventus.

Lazio pun baru memperkecil kedudukan saat Leonardo Bonucci melakukan pelanggaran di kotak 16. Atas perbuatannya, ia mendapat kartu kuning dan membuat tim tamu memperkecil kedudukan lewat gol Immobile melalui titik putih pada menit ke-83. Skor berubah menjadi 2-1.

Lazio pun berpeluang menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas Sergej Milinkovic-Savic. Beruntung bagi Juventus, Wojciech Szczesny mampu menghalaunya.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol yang tercipta. Juventus pun berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 2-1 atas Lazio dan meraih tiga poin yang kian mendekatkan Si Nyonya Tua ke tangga juara Serie A Italia 2019-2020.

Susunan Pemain:

Juventus (4-3-3): Szczesny; Quadrado, Bonucci, De Ligt, Alex Sandro; Aaron Ramsey, Bentacur, Rabiot; Douglas Costa, Dybala, Cristiano Ronaldo

Lazio (3-5-2): Strakosha; Bastos, Felipe, Acerbi; Lazzari, Milinkovic-Savic, Danilo Cataldi, Parolo, Anderson; Caicedo, Ciro Immobile