Liga Spanyol

Javi Calleja Resmi Tinggalkan Villarreal, Unai Emery Siap 'Comeback'

Selasa, 21 Juli 2020 10:05 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Image
Pelatih Villarreal, Javi Galleja, resmi hengkang dari klub LaLiga Spanyol tersebut, membuat mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, makin dekat untuk comeback. Copyright: © Getty Image
Pelatih Villarreal, Javi Galleja, resmi hengkang dari klub LaLiga Spanyol tersebut, membuat mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, makin dekat untuk comeback.

INDOSPORT.COM - Pelatih Villarreal, Javi Galleja, telah resmi hengkang dari klub sepak bola LaLiga Spanyol tersebut, membuat mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, makin dekat untuk melakukan 'comeback'.

Berdasarkan unggahan akun Twitter resmi Villarreal, mereka telah mengucapkan selamat tinggal kepada Javi Calleja, pelatih klub yang berjuluk Yellow Submarine tersebut. Statement tersebut dirilis pada Selasa (21/07/20).

Javier Calleja sendiri telah memperkuat Villarreal sejak 2019 Januari 2019 yang lalu. Namun, ia dinilai gagal mengembalikan kejayaan bagi klub tersebut usai mereka hanya finis di posisi lima LaLiga Spanyol 2019/20.

Dengan hal ini, maka Villarreal sedang tidak dilatih oleh siapapun. Sehingga, Unai Emery yang merupakan mantan manajer Arsenal, bakal secepatnya merapat ke Estadio de la Ceramica seperti dilansir dari Football Espana. Namun, belum ada informasi kapan tanggal pastinya ia melatih.

Unai Emery sendiri memang masih menganggur setelah didepak oleh Arsenal pada 29 November 2019 yang lalu. Alasannya, The Gunners tampil kurang menjanjikan di bawah kepelatihannya. Mereka pun mengganti Emery dengan Mikel Arteta.

Kinerja Emery di Emirates Stadium sendiri sebenarnya lumayan, dengan persentase kemenangan 55,1%. Mereka menang 43 kali, imbang 16 kali, dan kalah 19 dari total 78 pertandingan yang mereka jalani di semua kompetisi sepak bola.

Untungnya, Emery sudah punya pengalaman melatih beberapa klub Spanyol. Ia pernah menukangi Lorca Deportiva pada 2004-2006, Almeria pada 2006-2008, Valencia pada 2008-2012, dan Sevilla pada 2013-2016. Sehingga, jika Emery melatih Villarreal, ia seperti comeback di Spanyol.