Liga Inggris

5 Bek Terbaik Liga Inggris yang Siap Panaskan Bursa Transfer

Rabu, 22 Juli 2020 17:38 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nick Potts/PA Images via Getty Images
Termasuk Virgil van Dijk, berikut lima bek terbaik dari banyak klub besar Liga Inggris sepanjang musim ini. Copyright: © Nick Potts/PA Images via Getty Images
Termasuk Virgil van Dijk, berikut lima bek terbaik dari banyak klub besar Liga Inggris sepanjang musim ini.

INDOSPORT.COM - Sepanjang bergulirnya kompetisi Liga Inggris 2019-2020, muncul banyak bek yang memiliki potensi hebat. Berikut lima pemain bertahan terbaik dari klub-klub besar yang bakal memanaskan bursa transfer.

Bicara soal sepak bola, fungsi memenangkan pertandingan tak hanya berdasarkan jumlah gol yang berhasil dikumpulkan, melainkan bagaimana cara mempertahankan gawang. Di sinilah peran bek sebagai salah satu lapisan akhir tim untuk mencegah terjadinya kebobolan selain peran kiper.

Dalam kompetisi kasta atas Negeri Big Ben terdapat banyak pemain bertahan yang tak kalah mencuri perhatian. Sebagai contoh hadirnya Virgil van Dijk selaku dinding kokoh Livepool, Harry Maguire yang bertugas sebagai kapten sekaligus pelindung Manchester United, dan bek tengah andalan Manchester City, John Stones.

Di tengah kegemilangan banyak bintang bertahan papan atas, ada segelintir bek klub Liga Inggris yang sering dipandang sebelah mata. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkum lima bek terbaik seantero kompetisi divisi utama Inggris dilansir Sportskeeda.

5. Jack O'Connell (Sheffield United)

Tak ada yang menyangka Sheffield United selaku tim promosi mampu tampil impresif sepanjang kompetisi sepak bola divisi utama Inggris kali ini. Merangkak dari kompetisi Championship, kehebatan mereka tak lepas dari para pemain bertahan, salah satunya Jack O'Connell.

The Blades dengan kecerdasan pelatihnya, Chris Wilder, selalu berhasil menangi pertandingan Liga Inggris dengan formasi wajib andalkan tiga pemain bertahan. Jack tercatat kerap mengisi posisi kiri, John Egan di bagian tengah, sementara pada sisi kanan ada Chris Basham.

Hingga akhir musim ini hanya Jack yang bisa dikatakan memiliki potensi tinggi lewat aksi apik pertahan mutlak serta punya kombinasi 26 key passes bersama Basham dalam 33 penampilan Liga Inggris. Punya karakteristik kuat dan ahli passing bikin sang bek incaran utama klub besar seperti Liverpool.

4. Johny Evans (Leicester City)

Ditinggal Maguire, Leicester City masih memiliki banyak amunisi tambahan pada susunan pemain belakangnya. Selain Caglar Soyuncu, ada Johny Evans yang kerap mendapat pujian berkat penampilan konsistennya.

Ia termasuk sebagai bek veteran yang mengabdikan diri untuk melakoni Liga Inggris bersama banyak klub besar. Sempat bela Manchester United, Evans pernah gabung West Bromwich Albion sebelum akhirnya pindah ke Leicester City karena tak kunjung gemilang.

Keputusannya itu cenderung tepat, Evans punya rata-rata 2,7 tackle dan interception per-laga. Tampil dalam 37 pertandingan Liga Inggris The Foxes, dia juga punya statistik clearance tinggi yakni 4,5 per-pertandingan dengan cara tiga kali passing jarak jauh.