Liga Spanyol

Eks Pelatih Timnas Prancis Punya Kans Besar Tangani Barcelona

Kamis, 23 Juli 2020 10:19 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Clive Brunskill/Getty Images
Laurent Blanc saat masih menjadi pelatih Paris Saint-Germain (PSG). Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Laurent Blanc saat masih menjadi pelatih Paris Saint-Germain (PSG).

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Timnas Prancis, Laurent Blanc, dikabarkan menjadi kandidat utama yang akan ditunjuk Barcelona untuk menggantikan pelatih Quique Setien.

Sebagaimana diketahui, posisi Quique Setien memang sedang diambang pemecatan setelah hasil buruk yang diperoleh Barcelona selama lanjutan LaLiga Spanyol. Setien dianggap jadi penyebab kans gelar juara LaLiga Spanyol musim ini direbut oleh Real Madrid.

Awalnya, Barcelona berniat merekrut mantan kapten Xavi Hernandez namun rencana itu pupus setelah Xavi resmi memperpanjang kontraknya melatih klub Qatar, Al Sadd. Kini nama Laurent Blanc pun dipertimbangkan untuk direkrut.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, nama Laurent Blanc mencuat sebagai kandidat pengganti Quique Setien setelah dirinya mendapat dukungan dari direktur olahraga Barcelona, Eric Abidal.

Blanc difavoritkan jadi pelatih Barcelona mengingat hubungan baiknya dengan Abidal. Kedua sosok ini pernah bekerja sama antara 2010 dan 2012 bersama Timnas Prancis, di mana Abidal masih aktif bermain sepak bola.

Dengan pengalamannya itu, Abidal yakin bahwa gaya permainan Blanc yang cenderung posesif akan sangat cocok dengan gaya bermain Barcelona.

Laurent Blanc sendiri kabarnya tak menampik bahwa dia sangat tertarik untuk mengisi posisi pelatih di klub raksasa Catalan tersebut. Terlebih dia sudah menganggur sejak 2016 dari tugasnya di Paris Saint-Germain.

Larent Blanc, yang merupakan legenda Prancis terbilang sebagai pelatih yang berprestasi. Ia diketahui telah meraih 4 gelar juara Ligue 1 Prancis, dengan rincian 3 bersama PSG dan 1 bersama Bordeaux.