Liga Spanyol

Mantan Pelatih Arsenal Resmi Tukangi Villarreal

Kamis, 23 Juli 2020 19:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Image
Mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, resmi kembali ke LaLiga Spanyol, Kamis (23/07/20). Ia ditunjuk membesut Villareal untuk tiga musim ke depan. Copyright: © Getty Image
Mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, resmi kembali ke LaLiga Spanyol, Kamis (23/07/20). Ia ditunjuk membesut Villareal untuk tiga musim ke depan.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, resmi kembali ke LaLiga Spanyol, Kamis (23/07/20). Ia ditunjuk membesut Villareal untuk tiga musim ke depan.

Kabar mengejutkan datang dari ajang LaLiga Spanyol. Unai Emery, mantan pelatih Arsenal dan Sevilla, resmi kembali ke negara asalnya tersebut untuk membesut Villareal. Pria berusia 48 tahun ini akan mengasuh Si Kapal Selam Kuning untuk tiga musim ke depan.

Di Villareal, Emery akan menggantikan Javier Calleja yang meninggalkan klub pekan lalu. Calleja meninggalkan klub setelah berhasil membawa Santi Cazorla dkk finis di peringkat 5 klasemen akhir LaLiga Spanyol, sekaligus merebut tiket ke Liga Europa musim depan.

Sementara itu, Unai Emery memang tengah berstatus menganggur sejak dipecat Arsenal pada November 2019 lalu.

Datang ke Emirates Stadium pada Mei 2018 menggantikan manajer legendaris Arsene Wenger, prestasi terbaik Emery hanyalah membawa The Gunners mencapai final Liga Europa 2018-2019.

Pertengahan musim ini, ia dipecat dan digantikan oleh Mikel Arteta setelah gagal membawa Pierre-Emerick Aubameyang dkk menembus papan atas Liga Inggris.

Meski demikian kinerja Emery di Emirates Stadium sendiri sebenarnya lumayan, dengan persentase kemenangan 55,1%. Arsenal menang 43 kali, imbang 16 kali, dan kalah 19 kali dari total 78 pertandingan yang mereka jalani di semua kompetisi.

Bersama Villareal, Emery tidak hanya akan membawa tim barunya berlaga di ajang LaLiga Spanyol, tapi juga di kompetisi Liga Europa. Penunjukan pria yang juga pernah membesut Paris Saint-Germain itu pun diprediksi terkait pula dengan kelolosan Si Kapal Selam Kuning ke kompetisi tersebut.

Pasalnya, Emery diketahui pernah berhasil membawa klub LaLiga Spanyol lainnya, yakni Sevilla, berjaya di ajang tersebut. Tidak main-main, tangan dinginnya membawa Sevilla menjuarai Liga Europa tiga musim beruntun, dari 2013-2014 hingga 2015-2016.

Meski demikian, pekerjaan Unai Emery di Villareal sudah diawali dengan hambatan yang cukup besar. Si Kapal Selam Kuning ditinggalkan gelandang Santi Cazorla yang hengkang ke Qatar. Padahal, Cazorla menjadi sosok kunci musim ini dengan sumbangan 15 gol dan 11 assist.

Dengan demikian, Emery harus bekerja keras untuk menutupi kepergian Cazorla, agar bisa membawa Villareal meraih prestasi musim depan.