Liga Italia

Hasil Pertandingan Serie A Italia Lazio vs Cagliari: Biancoceleste Kembali ke Liga Champions

Jumat, 24 Juli 2020 04:58 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Lazio berhasil memastikan diri kembali ke Liga Champions musim depan usai menang atas tamunya, Cagliari di pekan ke-35 Serie A Italia 2019/20. Copyright: © Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Lazio berhasil memastikan diri kembali ke Liga Champions musim depan usai menang atas tamunya, Cagliari di pekan ke-35 Serie A Italia 2019/20.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil dan jalannya pertandingan Serie A Italia pekan ke-35 antara Lazio vs Cagliari di Stadion Olimpico, Jumat (24/07/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Selaku tuan rumah, Lazio yang mengusung meraih kemenangan demi bisa finis di tiga atau bahkan dua besar menurunkan komposisi terbaiknya kendati lawan yang dihadapi adalah tim papan tengah, Cagliari.

Bahkan sejak menit pertama, Lazio langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang tim tamu lewat duet penyerangnya, Ciro Immobile dan Felipe Caicedo.

Cagliari pun bukannya tanpa perlawanan. Bahkan, Gli Isolani sempat mengancam gawang Lazio melalui sepakan-sepakan keras dari luar kotak penalti di 10 menit babak pertama.

Pada menit ke-15, Luis Alberto hampir saja membuka keunggulan untuk tuan rumah. Namun sepakan kerasnya dari luar kotak penalti mampu ditepis kiper tim tamu, Alessio Cragno.

Pada menit ke-18, Ciro Immobile hampir menambah pundi golnya musim ini. Sayang sepakannya dari jarak dekat usai menerima umpan Jony berhasil di gagalkan Cragno yang tampil solid di 20 menit pertama pertandingan.

Selanjutnya pertandingan nampak berjalan monoton dan banyak berkutat di lapangan tengah. Barulah di menit ke-31 peluang emas muncul.

Kali ini giliran Cagliari melalui Artur Ionita. Tandukannya menerima umpan silang mampu ditepis dengan mudah oleh Thomas Strakosha di tiang dekat.

Lazio pun berusaha menguasai permainan dan mengurung Cagliari di wilayah pertahanan mereka sembari menciptakan peluang demi peluang yang masih terbentur kokohnya lini pertahanan tim tamu.

Namun justru tim tamu yang berhasil mencetak gol perdana di laga ini. Berawal dari serangan cepat dan kesalahan para bek Lazio, Giovanni Simeone berhasil mencetak gol setelah sepakannya mengenai kaki bek tuan rumah dan berubah arah meluncur pelan ke jala Biancoceleste di menit ke-45. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Gol dari Simeone tersebut pun menandai berakhirnya babak pertama antara Lazio vs Cagliari di Stadion Oiimpico, Roma.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, Lazio pun mulai meningkatkan intesitas serangan sejak babak kedua dimulai. Hasilnya pun positif. Biancoceleste mampu menyamakan kedudukan pada pada menit ke-47 lewat Sergej Milinkovic-Savic.

Gelandang asal Serbia ini mampu melepaskan sepakan setengah voli yang lantas menghujam pojok gawang Cagliari. Skor 1-1 bagi Lazio.

Usai gol tersebut, Lazio terus menggempur pertahanan Cagliari. Bahkan di menit ke-55, Immobile hampir saja membuat timnya unggul andai Cragno tak menepis bola sepakannya yang lantas menerpa tiang gawang.

Usaha Lazio menggandakan golnya pun berbuah hasil. Pada menit ke-60, Immobile mampu mengelabui bek Cagliari dan melepaskan diri dari pengawalan sebelum melesakkan golnya melalui sontekan pelan buah dari umpan terukur Luis Alberto. Skor 2-1 untuk Lazio.

Pasca gol tersebut, Lazio masih terus mengurung pertahanan tim tamu. Sesekali Cagliari bahkan melancarkan serangan meski melalui skema serangan balik. Namun ambisi tuan rumah meraih tiga poin penuh terlihat dalam tempo permainan yang mereka ciptakan.

Pada menit ke-77 Lazio hampir saja menambah keunggulan. Sayang bola sodoran Immobile gagal dituntaskan dengan baik oleh Joaquin Correa yang tinggal berhadapan dengan Cragno.

10 menit menjelang berakhirnya waktu normal, Lazio mulai mengendurkan serangan dan fokus menguasai penguasaan bola demi mempertahankan kedudukan.

Kendati telah mengendurkan serangan, Cagliari tetap gagal menyamakan kedudukan dan harus rela Lazio mengambil tiga poin penuh pada laga ini sekaligus memastikan Biancoceleste berlaga di Liga Champions kembali untuk pertama kalinya sejak 2007/08 silam.

Susunan Pemain:

Lazio (3-5-2): Strakosha; Patric, Felipe, Acerbi; Lazzari, Milinkovic-Savic, Parolo, Luis Alberto, Jony; Ciro Immobile, Felipe Caicedo

Cagliari (3-5-2): Alissio Cragno; Walukiewicz, Klavan, Lykogiannis; Farago, Nandez, Ionita, Marko Rog, Mattiello; Giovanni Simeone, Joao Pedro