Liga Champions

Satu Laga Man United Ini Buat Van der Sar Menyesal Seumur Hidup

Jumat, 24 Juli 2020 18:34 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty images
Edwin van der Sar mengungkapkan satu laga Liga Champions yang menjadi penyesalannya seumur hidup bersama Manchester United. Copyright: © Getty images
Edwin van der Sar mengungkapkan satu laga Liga Champions yang menjadi penyesalannya seumur hidup bersama Manchester United.

INDOSPORT.COM - Edwin van der Sar mengungkapkan satu laga Liga Champions yang menjadi penyesalannya seumur hidup bersama Manchester United.

Sebelumnya, pada 6 Juni 2005 silam, Manchester United hanya mengeluarkan uang sebesar 2 juta pounds untuk memboyong Edwin van der Sar dari Fulham. 

Banyak pendukung Manchester United sangat kecewa dengan keputusan Sir Alex Ferguson karena sang pemain saat itu sudah berusia 35 tahun.

The Red Devils memang sedikit frustrasi karena belum menemukan pengganti Peter Schmeichel setelah hengkang dari Old Trafford usai mempersembahkan treble winners pada tahun 1999.

Awalnya Edwin van der Sar dibeli dengan harapan bisa menularkan ilmu dan pengalamannya kepada kiper-kiper muda Manchester United.

Kedatangannya pun tidak disambut dengan antusias fans Setan Merah. Namun kiper Timnas Belanda itu benar-benar menjawab ocehan dari penggemar.

Edwin van der Sar tampil sangat konsisten di bawah mistar gawang Manchester United. Ia disebut sangat cocok memainkan peran sebagai kiper maupun libero dalam formasi 4-4-2 secara modern.

Salah satu musim terbaik Van der Sar terjadi pada musim 2008-2009 di mana dirinya sukses mempersembahkan gelar Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan satu Piala Liga.

Namun ada satu pertandingan yang membuat Edwin Van der Sar menyesal seumur hidup. Dilansir dari Manchestereveningnews, ia sangat menyesal karena gagal mengamankan gelar Liga Champions kedua pada musim 2010-2011.

Hal itu ia sampaikan kepada Rio Ferdinand melalui akun kolom komentar Instagram. Ia menyebut kenangan apa saja yang telah mereka lalui bersama dan menyesal tidak dapat mengalahkan Barcelona pada tahun 2011.

"Seharusnya setidaknya ada dua Liga Champions," ucapnya.

Padahal musim tersebut menjadi akhir karier Edwin van der Sar yang kemudian memutuskan pensiun menjadi pemain sepak bola profesional.

Di partai final Liga Champions yang digelar di Stadion Wembley, London, Inggris, pada 28 Mei 2011, Manchester United bersua lawan berat, Barcelona. Edwin van der Sar dan kawan-kawan gagal meraih juara setelah takluk dengan skor 1-3.