Liga Italia

Hasil Pertandingan Serie A Italia Juventus vs Sampdoria: Bianconeri Juara 9 Kali Berturut-turut!

Senin, 27 Juli 2020 04:47 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter.com/juventusfc
Cristiano Ronaldo mencetak gol pertama Juventus ke gawang Sampdoria. Copyright: © Twitter.com/juventusfc
Cristiano Ronaldo mencetak gol pertama Juventus ke gawang Sampdoria.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil dan jalannya pertandingan Serie A Italia 2019/20 pekan ke-36 antara Juventus vs Sampdoria, Senin (27/07/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Juventus hampir menurunkan skuat terbaiknya pada laga melawan Sampdoria. Hal ini lantaran Bianconeri berencana meraih Scudetto pada laga kali ini. Trio Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo, dan Juan Cuadrado diturunkan sejak menit pertama.

Namun turun dengan skuat terbaiknya, di delapan menit babak pertama Juventus nampak kesulitan mengembangkan permainan. Malahan Sampdoria selaku tim tamu yang mampu membua lini belakang Si Nyonya Tua kesulitan menahan gempuran.

Baru pada menit ke-10 Juventus berpeluang mencetak gol. Mengandalkan serangan cepat dari Adrien Rabiot, Ronaldo yang berdiri bebas gagal menceploskan bola usai sepakannya mampu diblok bek Sampdoria.

Pada menit ke-20, Juventus hampir mencetak gol lewat Ronaldo. Sayang lompatannya untuk menanduk bola dianggap melanggar lawan kendati bola telah melewati sedikit garis gawang.

Pada menit ke-29, Juventus melakukan pergantian usai Danilo harus mendapat perawatan. Nama Federico Bernardeschi pun dimasukkan untuk menggantikan mantan pemain Real Madrid tersebut.

Bernardeschi yang baru masuk pun hampir memberi dampak signifikan bagi Juventus pada menit ke-34 andai sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tak melebar dari gawang kiper berdarah Indonesia, Emilio Audero Mulyadi.

Sampdoria pun bukannya tanpa peluang. Lewat usaha sang kapten, Fabio Quagliarella, Il Samp hampir membuka skor lewat sepakan jarak jauhnya yang mampu ditangkap Szczesny.

Pun di menit ke-37. Quagliarella hampir mencetak gol. Sayang sepakannya terlalu pelan sehingga mampu diselamatkan dengan mudah oleh Szczesny.

Tak sampai satu menit kemudian, giliran Juan Cuadrado yang mengancam gawang Sampdoria lewat sepakan kerasnya yang melambung di atas mistar gawang tim tamu.

Pada menit ke-39, Maurizio Sarri membuat pergantian mengejutkan dengan menarik Dybala dan menggantikannya dengan Gonzalo Higuain. Pemain berjuluk La Joya itu nampak kesakitan akibat cedera yang ia derita.

Cristiano Ronaldo lagi-lagi mengancam gawang Sampdoria. Nampak kesulitan melakukan sepakan dari dalam kotak penalti lawan, pria asal Portugal ini mengambil inisiatif melalui sepakan keras dari luar kotak penalti yang melambung tinggi.

Pada menit ke-44, Bernardeschi hampir mencetak gol. Namun Audero mampu tampil cemerlang dan memblok sepakan kerasnya dengan satu tangan.

Juventus baru berhasil mencetak gol di menit ke-45+7. Berawal dari situasi tendangan bebas, Miralem Pjanic mengirim umpan datar ke Cristiano Ronaldo yang melepaskan sepakan keras mendatar ke pojok kanan gawang Sampdoria. Skor 1-0 untuk Bianconeri.

Gol tersebut sekaligus menutup babak pertama antara Juventus vs Sampdoria.

Babak Kedua

Hanya unggul 1-0, Juventus pun langsung memulai babak kedua dengan sejumlah serangan ke gawang Sampdoria.

Serangan paling mengancam datang pada menit ke-49 melalui tendangan bebas. Sayangnya, Higuain yang berada di posisi bebas gagal menyambut bola liar depan gawang Sampdoria.

Sampdoria bukannya tanpa peluang. Berturut-turut di menit ke 53 dan 54, Il Samp hampir mencetak gol andai Szczesny tak menepis bola dan sundulan Quagliarella tak menyamping.

Selepas peluang tersebut, Sampdoria tampil menggila dan menciptakan berbagai peluang matang. Praktis, Juventus dipaksa bertahan dan menumpuk pemain di lini pertahanan.

Namun Juventus berhasil membalikkan keadaan dan bahkan mendapat peluang emas dari Cristiano Ronaldo usai sepakannya dari jarak dekat mampu ditepis oleh Audero di menit ke-61.

Pada menit ke-67, serangan balik cepat Juventus membuahkan hasil. Berawal dari sepakan Cristiano Ronaldo yang berhasil ditepis Audero, Bernardeschi berhasil menusuk dan menyambut bola muntah untuk mencetak gol. Skor 2-0 untuk tuan rumah.

Tertinggal dua gol, Sampdoria makin ngotot mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-71, Il Samp hampir mencetak gol dari tandukan Quagliarella. Beruntung Szczesny mengeluarkan reflek cepat sehingga mampu menepisnya.

Pada menit ke-77, Sampdoria harus mengalami nasib sial. Hal ini lantaran salah satu pemainnya, Morten Thorsby diganjar kartu merah. Hal ini memaksa Il Samp bermain dengan 10 pemain di sisa pertandingan.

Pada menit ke-82, Juventus berpeluang menambah keunggulan. Sayang Higuain gagal menceploskan bola usai mendapat umpan matang dari Ronaldo di depan muka gawang Sampdoria.

Di menit ke-88, Juventus kembali mendapat peluang eas usai Alex Sandro dijatuhkan di kotak penalti. Cristiano Ronaldo yang menjadi algojo gagal menceploskan bola setelah sepakannya membentur mistar gawang. Skor pun masih 2-0.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada lagi gol yang tercipta. Juventus pun berhasil mengunci tiga poin dari Sampdoria sekaligus memastikan Si Nyonya Tua meraih Scudetto ke-36 sepanjang sejarah usai unggul tujuh poin dari Inter Milan di dua partai tersisa Serie A Italia 2019/20.

Susunan Pemain:

Juventus (4-3-3): Szczesny; Danilo, Bonucci, De Ligt, Alex Sandro; Rabiot, Pjanic Matuidi; Cuadrado, Dybala, Cristiano Ronaldo

Sampdoria (4-4-1-1): Emil Audero; Depaoli, Yoshida, Chabot, Augello; Linetty, Thorsby, Tonelli, Jankto; Gason Ramirez; Quagliarella