Liga Inggris

Top Skor Akhir Liga Inggris: Jamie Vardy Lewati Rekor Drogba

Senin, 27 Juli 2020 09:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Plumb Images/Leicester City FC via Getty Images
Jamie Vardy (leicester City) jadi top skor Liga Inggris 2019-2020 dan lewati rekor Didier Drogba. Copyright: © Plumb Images/Leicester City FC via Getty Images
Jamie Vardy (leicester City) jadi top skor Liga Inggris 2019-2020 dan lewati rekor Didier Drogba.

INDOSPORT.COM - Pentolan Leicester City, Jamie Vardy, puncaki daftar top skor Liga Inggris 2019-2020 meski ditempel ketat oleh Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) dan Danny Ings (Southampton).

Prestasi ini merupakan kali pertama bagi Vardy yang musim ini sukses menyarangkan 23 gol ke gawang lawan. Namun selain itu, ia ternyata juga memecahkan rekor yang pernah dicatat eks pemain Chelsea, Didier Drogba.

Dilansir laman Sky Sports, Vardy menjadi pemain Liga Inggris tertua yang meraih gelar Sepatu Emas di usianya saat ini yang menginjak 33 tahun.

Striker kelahiran 11 Januari 1987 tersebut hanya lebih tua setahun dari Drogba yang memenangkan Golden Boot pada musim 2009-2010. Saat itu, Didier Drogba yang berusia 32 tahun menggondol predikat top skor Liga Inggris dengan raihan 29 gol dari 32 pertandingan.

Apa yang diraih Jamie Vardy musim ini sekaligus mematahkan mimpi Mohamed Salah meraih Sepatu Emas Liga Inggris untuk ketiga kalinya. Pada 2017-2018, Salah meraih gelar top skor pertamanya dengan produktivitas yang cukup mentereng, yakni 32 gol.

Setelah itu, dengan 22 gol musim lalu, pemain sepak bola andalan Mesir tersebut berbagi gelar yang sama dengan Sadio Mane dan Pierre-Emerick Aubameyang. Musim ini, sayangnya Salah hanya mencatat 19 gol dan terpaut satu angka dari Raheem Sterling (20 gol).

Meski kali ini tidak meraih gelar top skor, Salah sudah cukup bahagia lantaran Liverpool sukses jadi kampiun Liga Inggris setelah menanti 30 tahun lamanya. Hal berbeda justru dialami klub Jamie Vardy, Leicester City.

The Foxes harus ikhlas melihat harapan mereka berlaga di Liga Champions pupus lantaran hanya menempati posisi kelima klasemen akhir dengan 62 poin. Untungnya, skuat asuhan Brendan Rodgers ini mendapat jatah Liga Europa menemani Tottenham Hotspur (peringkat 6).

Selain melewati rekor Didier Drogba, Vardy pun memantapkan diri sebagai pemain berkebangsaan Inggris selain Harry Kane yang mengisi daftar top skor liga domestik dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Wow!

Nah, berikut daftar top skor akhir Liga Inggris 2019-2020:

1. Jamie Vardy (Leicester City) - 23 gol

2. Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal); Danny Ings (Southampton) - 22 gol

3. Raheem Sterling (Manchester City) - 20 gol

4. Mohamed Salah (Liverpool) - 19 gol

5. Harry Kane (Tottenham Hotspur); Sadio Mane (Liverpool) - 18 gol

6. Raul Jimenez (Wolves); Anthony Martial, Marcus Rashford (Manchester United) - 17 gol

7. Sergio Aguero (Manchester City) - 16 gol

8. Tammy Abraham (Chelsea) - 15 gol