Liga Inggris

Keren! Liverpool Dukung Kampanye Kesehatan Mental di Sepak Bola

Selasa, 28 Juli 2020 09:25 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, turut mendukung kampanye kesehatan mental di sepak bola. Copyright: © PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Klub Liga Inggris, Liverpool, turut mendukung kampanye kesehatan mental di sepak bola.

INDOSPORT.COM - Klub peserta Liga Inggris, Liverpool FC, telah memberikan dukungannya mengenai kesehatan mental di aspek sepak bola, terutama di negaranya sendiri. Hal ini sebagai bagian kampanye Heads Up.

Sebenarnya, pihak Liverpool sendiri sudah lama pemperjuangkan kesadaran mengenai kesehatan mental di sepak bola Inggris. Sejak awal musim 2019-2020, klub yang bermarkas di Merseyside ini juga sudah memulai kampanyenya.

Deklarasi mengenai dukungan kesehatan mental akan membuat sepak bola Inggris mengakui bahwa permasalahan ini sama pentingnya dengan kesehatan fisik. 

Kampanye ini dilakukan oleh para penggiat sepak bola Inggris. Mereka membangun pekerjaan penting yang sudah dilakukan oleh klub dan organisasi sepak bola untuk mencapai kerja sama dengan beberapa pihak.

Deklarasi mengenai pentingnya kesehatan mental di sepak bola ini juga didukung oleh beberapa organisasi seperti Federasi Sepak Bola Inggris (FA), Liga Inggris, EFL, FA Skotlandia, Wales FA, FA Irlandia, Asosiasi Manajer Liga (LMA), Asosiasi Pesepak Bola Profesional (PFL), PGMOL, dan League Football Education (LFE).

Dari musim-musim sebelumnya, kasus kesehatan mental menjadi relevan pada tahun ini. Sebab, banyak sekali permasalahan yang membuat banyak orang di sepak bola merasakan dampak signifikan, terlebih kasus penyebaran virus corona Covid-19.

Seperti diketahui, pandemi virus corona sebelumnya telah mematikan sepak bola di Inggris, semua kompetisi sepak bola harus dihentikan sementara waktu demi pencegahan dalam penyebaran virus asal Wuhan, China tersebut.

Banyak pemain sepak bola yang akhirnya harus merasakan karantina mandiri selama beberapa bulan lamanya. Ini bisa jadi salah satu faktor para pemain menjadi terganggu secara mental selama masa pandemi tersebut.

Maka dari itu, kampanye mengenai pentingnya kesehatan mental bagi sepak bola Inggris menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemain, staf, manajer, pelatih, dan pejabat tidak mengalami masalah kesehatan mental.

Deklarasi mengenai kesehatan mental ini juga bekerja sama dengan partner Heads Up seperti Mind, CALM and Sporting Chance. Maka dari itu, Liverpool menjadi salah satu klub yang mendukung adanya kampanye tersebut.

Di sisi lain, Liverpool berhasil menjadi juara Liga Inggris musim 2019-2020. Capaian ini didapatkan setelah Manchester City dikalahkan oleh Chelsea. Lalu pada pertandingan terakhir, The Reds secara resmi membawa trofi tersebut ke Merseyside.

Liverpool selesai di peringkat pertama dengan mengumpulkan 99 poin dari 38 pertandingan yang sudah mereka jalani selama satu musim bermain di Liga Inggris. ini merupakan capaian yang luar biasa bagi pasukan Jurgen Klopp.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%