Liga Italia

Kalahkan Parma, Atalanta Lahirkan 'Monster' Gol Mengerikan di Eropa

Rabu, 29 Juli 2020 03:17 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Matteo Ciambelli/DeFodi Images via Getty Images
Ruslan Malinovskyi, sosok monster baru milik Atalanta Copyright: © Matteo Ciambelli/DeFodi Images via Getty Images
Ruslan Malinovskyi, sosok monster baru milik Atalanta

INDOSPORT.COMAtalanta secara mengejutkan harus menang susah payah di Stadio Ennio Tardini, kandang Parma, dalam laga lanjutan Serie A Liga Italia pekan ke-37. Meskipun begitu, di balik kemenangan susah payah Atalanta, terlahir sosok ‘monster’ mengerikan yang mereka ciptakan.

Bertanding di Stadio Ennio Tardini, kandang Parma, Atalanta terlihat sangat kesulitan mempertahankan pola permainan gemilangnya. Alih-alih mengganas lawan tim papan atas, mereka malah nyaris mengalami kekalahan tragis dari klub papan tengah seperti Parma.

Atalanta harus tertinggal lebih dulu. Pemain Parma, Dejan Kulusevski menjadi mimpi buruk Atalanta usai mencetak gol tepat di menit ke-43. Skor 1-0 untuk Parma pun bertahan di babak pertama.

Tertinggal satu gol membuat Atalanta tancap gas dan melakukan serangkaian serangan apik untuk menyelamatkan nama baik mereka. La Dea, julukan Atalanta, sempat mendapat kesempatan emas lewat tendangan bebas kala Zapata dilanggar oleh Jasmin Kurtic tepat di menit ke-53.

Akan tetapi kesempatan ini gagal dimanfaatkan karena terkena dinding para pemain Parma. Beruntung mereka mulai mengejar ketertinggalan lewat gol Ruslan Malinovskyi tepat pada menit ke-70.

Mampu menyamakan kedudukan atas tim tuan rumah membuat Atalanta jauh merasa percaya diri dan kembali melakukan gebrakan. Tepat enam menit sebelum memasuki injury time, giliran Alejandro Dario Gomez mencetak gol kedua usai tak bisa ditepis Luigi Sepe. Skor 2-1 untuk kemenangan Atalanta pun menjadi hasil akhir pertandingan.

Seusai pertandingan, terdapat sebuah fakta menarik yang layak untuk diketahui. Atalanta secara tidak langsung menciptakan sosok ‘monster’ dalam hal tendangan jarak jauh usai mengalahkan Parma.

Gol penyama kedudukan yang dicetak oleh Ruslan Malinovskyi nyatanya membuat dirinya menjadi satu-satunya pemain dari lima liga top Eropa yang mampu mencetak lima gol dari luar kotak penalti lawan di tahun 2020.

Tentu ini menjadi sebuah modal berharga untuk Atalanta ke depannya, mengingat jarang ada sosok yang mampu serta mempunyai akurasi tinggi seperti Ruslan Malinovskyi yang kerap mencetak gol dari luar kotak penalti.

Gelandang berusia 27 tahun itu juga dapat menjadi sosok pemecah kebuntuan Atalanta dari ketatnya lini pertahanan lawan-lawannya nanti di ajang Liga Champions. Setidaknya, sebuah rekor di atas menjadi bukti bahwa Ruslan Malinovskyi adalah ‘monster’ baru Atalanta dengan tendangan mautnya dari luar kotak penalti.