Bola Internasional

Cerita Shin Tae-yong Jadikan Son Heung-min dan Ki Sung-yueng Senjata Kelabui Mata-mata Eropa

Kamis, 30 Juli 2020 15:13 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Clive Brunskill/Getty Images
Saat Timnas Korea Selatan ditangani Shin Tae-yong, Son Heung-min dan Ki Sung-yueng pernah berperan mengelabui mata-mata tim Eropa. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Saat Timnas Korea Selatan ditangani Shin Tae-yong, Son Heung-min dan Ki Sung-yueng pernah berperan mengelabui mata-mata tim Eropa.

INDOSPORT.COM - Semasa menjadi pelatih Timnas Korea Selatan, Shin Tae-yong diketahui cerdas dalam menerapkan beberapa strategi. Dua bintang Timnas Korea Selatan yang pernah menjadi senjata Shin untuk mengelabui mata-mata Tim Eropa yakni Son Heung-min dan Ki Sung-yueng.

Shin Tae-yong kini memang menangani Timnas Indonesia, namun selama menangani Timnas Korea Selatan Shin ternyata punya cerita unik dengan Son Heung-min dan Ki Sung-yueng.

Dilansir dari fromthetofubowl, dalam salah satu pertandingan persahabatan melawan Bolivia pada 2018 lalu, Shin Tae-yong meminta pemain-pemain untuk mengenakan nomor punggung yang berbeda kecuali Son Heung-min dan Ki Sung-yueng.

Hal tersebut dilakukan untuk membingungkan lawan karena rata-rata calon lawan Timnas Korea Selatan dari Eropa tak bisa membedakan wajah pemain Asia, kecuali Ki dan Song yang paling terkenal karena saat itu bermain di Tottenham Hotspur dan Swansea City.

Timna Swedia kabarnya bahkan sempat mengirim mata-mata untuk memantau latihan Timnas Korea Selatan jelang laga pembuka Piala Dunia 2018. Scouting team Swedia bahkan sampai menyewa sebuah rumah dekat tempat pemusatan latihan agar bisa melihat latihan Korea Selatan dari jauh.

Shin Tae-yong mengklaim orang-orang Eropa sulit membedakan wajah pemain Asia. Begitupun sebaliknya saat oran-orang Asia harus mencari perbedaan orang Eropa.

Oleh karena itu, taktik mengganti nomor punggung para pemainnya dirasa Shin akan sukses mengecoh tim Swedia saat itu. Namun sayang, tim Korea Selatan nampaknya tak sukses dengan taktik tersebut karena mereka dibungkam Swedia dengan skor 1-0 di laga pembuka Piala Dunia 2018.