In-depth

David Beckham, Manchester United, dan Kisah 4 Negara

Jumat, 31 Juli 2020 18:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Black/Corbis via Getty Images
David Beckham pernah melakoni karier di Manchester United dan memenangkan gelar di empat negara berbeda. Copyright: © Black/Corbis via Getty Images
David Beckham pernah melakoni karier di Manchester United dan memenangkan gelar di empat negara berbeda.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Timnas Inggris, David Beckham, punya kisah di empat negara ketika dirinya masih aktif sebagai pemain sepak bola.

Ia adalah pemain berkebangsaan Inggris tersukses yang pernah ada dengan memenangkan banyak gelar . Ini merupakan catatan yang cukup mentereng selama kariernya, meski belum pernah juara ketika membela panji negara bersama The Three Lions.

Lahir di London pada 2 Mei 1975, Beckham sudah menunjukkan bakat serta minatnya di dunia sepak bola sejak kecil. Ia pun sangat konsisten ingin menjadi pemain profesional ketika anak-anak seusianya bercita-cita jadi dokter, polisi, atau yang lainnya.

Pria yang bernama lengkap David Robert Joseph Beckham ini memulai perjalanan populernya di dunia si kulit bundar setelah masuk daftar pemain muda klub Liga Inggris, Manchester United, pada tahun 1991.

Bersama teman-teman seangkatannya yakni Ryan Giggs, Gary Neville, Phil Neville, dan Nicky Butt, ia sukses menggondol trofi FA Youth Cup 1992. Lalu bersama Paul Scholes, ‘komplotan’ pemain inilah yang jadi cikal bakal Class of 92 yang terkenal itu.

Beckham pun digadang-gadang akan bisa segera menembus skuat utama Manchester United berkat performanya yang terus meningkat. Hanya saja, waktu itu banyak orang memandangnya sebelah mata lantaran ia dinilai masih terlalu muda untuk menembus tim senior.

Akan tetapi, ia berhasil membungkam persepsi tersebut hingga mendapat kontrak profesional pada tahun 1993. Namun sebelum terbang tinggi bersama Setan Merah, Beckham harus melalui masa-masa sebagai pemain pinjaman terlebih dahulu.

Ia dikirim ke North Preston End pada musim 1994-1995 untuk menimba pengalaman bermain di tim utama. Beckham lalu kembali ke Manchester United dan melakukan debutnya di Liga Inggris pada 2 April 1995.

Sering dianggap overrated, catatan David Beckham selama berkarier di sepak bola menunjukkan hal sebaliknya. Mencatatkan 719 penampilan dan sukses mencetak 146 gol serta tampil 115 kali bersama Timnas Inggris, Beckham adalah salah satu pemain tersukses di Liga Inggris.

Nama Beckham pun terus naik daun seiring berjalannya waktu hingga akhirnya mendapat kehormatan menggunakan nomor punggung legendaris 7 yang pernah dipakai sejumlah bintang seperti George Best dan Eric Cantona.

Mancester United memang menyimpan cerita tersendiri bagi seorang David Beckham. Namun pengembaraan sang pemain setelah dari sana juga tak kalah hebatnya. Bahkan, suami Victoria Adams tersebut jadi pemain Inggris pertama yang memenangkan gelar di empat negara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%