Bola Internasional

Daftar Klub Terkaya: Liverpool Nomor 1, Manchester United Kehilangan Rp2,7 Triliun

Kamis, 30 Juli 2020 21:30 WIB
Editor: Coro Mountana
© Freedom Online
Logo Manchester United. Copyright: © Freedom Online
Logo Manchester United.

INDOSPORT.COM – Dalam daftar klub terkaya yang baru saja dikeluarkan, Liverpool menjadi nomor 1 dalam urusan peningkatan kekayaan, sedangkan Manchester United kehilangan Rp2,7 triliun.

Dalam laporan menurut Brand Finance Review, tersebutlah 10 klub terkaya atau paling bernilai di dunia. Urutannya sebagai berikut, Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Liverpool, Manchester City, Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, Chelsea, Tottenham Hotspur dan Arsenal.

Real Madrid boleh saja masih menjadi klub paling bernilai atau terkaya di dunia dengan valuasi (1 poundsterling senilai Rp18.976,24) mencapai 24,3 triliun rupiah. Namun ternyata, Real Madrid mengalami penurunan signifikan hingga 3,8 triliun rupiah.

Real Madrid tak mengalami kehilangan nilai sendirian, tercatat ada juga 5 tim lain yang juga menurun nilai kekayaannya. Tak terkecuali Manchester United yang menempati posisi ketiga atau teratas di Inggris dengan valuasi mencapai 22,5 triliun rupiah.

Angka itu telah menurun jauh yang artinya Manchester United telah kehilangan kekayaan hingga 2,7 triliun rupiah. Penurunan yang dialami Manchester United memang dapat dipahami mengingat kiprahnya pada musim ini tak dapat dikatakan meyakinkan.

Selain itu, Manchester United juga mengalami kelonjakan signifikan mengenai nominal jumlah utang yang tengah menjerat mereka. Tercatat utang akibat  yang dimiliki Manchester United mengalami lonjakan dari 2,4 triliun rupiah menjadi 8,1 triliun rupiah.

Bertolak belakang dengan apa yang dialami Liverpool, meski masih dibawah Manchester United dengan menempati posisi keempat, tetapi mereka menjadi nomor satu dalam hal peningkatan kekayaan. Tercatat Liverpool mengalami kenaikan valuasi nilai hingga 1,2 triliun rupiah.

Selain Liverpool, ada juga Barcelona, PSG dan Tottenham Hotspur yang mengalami lonjakan dalam valuasi atau nilai kekayaan. Namun demikian, tetaplah Liverpool yang menjadi nomor satu dalam hal memperolehan keuntungan terbesar musim ini.

Meski perhitungan ini bisa saja ada kelemahannya, tetap saja ini bisa menjadi gambaran jika Manchester United sedang mengalami kerugian besar dan kesulitan keuangan. Sebaliknya, peforma gemilang Liverpool musim ini membuatnya jadi nomor satu untuk urusan paling untung musim ini.