Liga Indonesia

Tim Liga 1 Boleh Lakukan 5 Pergantian Pemain, Ini Respons Pelatih PSIS

Sabtu, 1 Agustus 2020 17:50 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Herry Ibrahim
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSIS, Dragan Djukanovic ketika memimpin latihan timnya. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 1 PSIS, Dragan Djukanovic ketika memimpin latihan timnya.

INDOSPORT.COM – Pelatih PSIS Semarang, Dragan Djukanovic menyambut baik rencana PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang memperbolehkan setiap tim melakukan lima pergantian pemain di setiap pertandingan Liga 1 2020.

Menurut pelatih asal Serbia ini, aturan tersebut cukup bagus karena hampir semua kompetisi di dunia menjalankan aturan seperti itu pasca-adanya pandemi Covid-19 dan aturan tersebut diinisiasi oleh FIFA selaku federasi sepak bola di dunia.

“Saya pikir tidak ada masalah dengan aturan baru ini, saya justru senang. Ini keputusan yang bagus dan hampir semua liga di dunia sudah menerapkan,” tutur Dragan Djukanovic kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di Semarang, Sabtu (01/08/20) sore.

Mantan pelatih Borneo FC ini juga berpendapat dengan ketatnya jadwal kompetisi Liga 1 aturan pergantian lima pemain di setiap pertandingan akan membantu dalam hal rotasi bagi PSIS.

Seperti diketahui bersama, kompetisi Liga 1 2020 akan dijalankan selama lima bulan dari tanggal 1 Oktober 2020 – 28 Februari 2021. Padahal kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia masih menyisakan 31 pertandingan dan hal ini membuat jadwal kompetisi dipastikan akan berjalan cukup padat.

“Menurut saya aturan pergantian lima pemain menguntungkan semua tim di Liga 1. Dengan ketatnya jadwal pertandingan, misal tiga sampai empat hari sekali harus main, pergantian lima pemain akan membantu setiap pelatih melakukan rotasi, begitu pun kami di PSIS,” tandas Dragan.