Bola Internasional

5 Gelandang Bertahan Terbaik Saat Ini, Ada Bintang Inter Milan

Minggu, 2 Agustus 2020 10:35 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
© Emilio Andreoli/Getty Images
Berikut tersaji lima gelandang bertahan terbaik di Eropa saat ini, dimana salah satunya adalah pemain Inter Milan yang hendak dibuang Antonio Conte, Marcelo Brozovic. Copyright: © Emilio Andreoli/Getty Images
Berikut tersaji lima gelandang bertahan terbaik di Eropa saat ini, dimana salah satunya adalah pemain Inter Milan yang hendak dibuang Antonio Conte, Marcelo Brozovic.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima gelandang bertahan terbaik di Eropa saat ini, dimana salah satunya adalah pemain Inter Milan yang hendak didepak Antonio Conte.

Salah satu peran yang sangat dibutuhkan dalam sebuah tim sepak bola adalah gelandang bertahan. Posisinya masih di lini tengah, tapi punya tugas khusus untuk membantu lini belakang (bek).

Peran gelandang bertahan sangat vital di dalam permainan sepak bola modern. Karena, beberapa tim mengharuskan para pemainnya untuk bisa mengubah permainan dengan cepat dari bertahan ke menyerang atau sebaliknya.

Jika seorang gelandang bertahan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, maka bola yang dikuasai lawan mampu mereka rebut tanpa mengancam lini belakang. Sehingga, tim tersebut bisa dengan cepat melakukan counter attack.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut tersaji lima gelandang bertahan terbaik di Eropa saat ini.

1. Sergio Busquets (Barcelona)

Sudah berumur 32 tahun, Sergio Busquets sukses menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini. Apalagi dengan pengalamannya membela Barcelona sejak 2008 yang lalu, Busquets sudah sangat memahami apa yang harus ia lakukan dalam skuat tim Catalan itu meski mereka sudah sering ganti pelatih.

Sergio Busquets menempati posisi gelandang tengah sebagai salah satu titik pertahanan Barcelona. Ia memiliki kelebihan intersepsi, tackling, kontrol bola, fisik yang kuat, akurasi umpan yang tinggi, dan mampu membaca permainan dengan baik. Saat masih bersama Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, ketiganya sukses membuat permainan Barcelona bervariasi.

2. Marcelo Brozovic (Inter Milan)

Marcelo Brozovic adalah gelandang andalan Inter Milan. Namun, belakangan ini dirinya justru dikabarkan bakal dibuang ke Liverpool di bursa transfer musim panas 2020. Ada beberapa alasan di baliknya, seperti performa yang menurun di musim ini dan perilaku yang kurang menyenangkan seperti mengemudi sambil mabuk sampai kehilangan SIM-nya.

Meski demikian, Marcelo Brozovic tetaplah pemain yang menakutkan. Bahkan, kemampuannya sering dibanding-bandingkan dengan pelatih Chelsea yang bernama Frank Lampard. Brozovic sangat mahir dalam hal passing dan tackling. Selain itu, sosok berusia 27 tahun ini juga bisa ditempatkan di area manapun di lini tengah.