Liga Spanyol

Kiper Legendaris Real Madrid Iker Casillas Resmi Pensiun

Selasa, 4 Agustus 2020 20:20 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Kiper legendaris Real Madrid, Iker Casillas, resmi pensiun dari dunia sepak bola profesional. Copyright: © Getty Images
Kiper legendaris Real Madrid, Iker Casillas, resmi pensiun dari dunia sepak bola profesional.

INDOSPORT.COM - Kiper legendaris Real Madrid, Iker Casillas, resmi pensiun dari dunia sepak bola profesional. Kabar ini disampaikan langsung oleh sang legenda melalui pernyataan di akun twitter pribadinya pada Selasa, (04/08/20). 

Dalam tweet berbahasa Spanyol itu, Casillas menyampaikan pesan mengenai perjalan dan pilihan kariernya sebagai pesepak bola yang diakhiri dengan tagar terima kasih. 

‘Yang penting adalah jalan yang Anda tempuh dan orang-orang yang menemani Anda, bukan tujuan yang Anda tuju,” ungkapnya di media sosial.

"Karena dengan kerja dan usaha, saya pikir saya dapat mengatakan tanpa ragu, bahwa itu telah menjadi jalan dan tujuan impian."

Dalam tweet itu juga terselip pesan perpisahan dan foto dirinya berdiri di dalam stadion. Sontak cuitan dari Casillas pun mendapat puluhan ribu like dan retweet dalam hitungan jam. 

Iker Casillas terakhir bermain untuk FC Porto pada bulan Mei 2019, sebelum mengalami serangan jantung dalam sesi latihan yang membuatnya harus beristirahat di rumah sakit. 

Meski pulih, Casillas tak lagi bermain untuk Porto untuk musim 2019-2020 ini. Casillas mengakhiri karier 22 tahunnya di sepak bola profesional level senior. 

Pemain yang lahir di Madrid pada 20 Mei 1981 ini merupakan produk asli dari akademi Real Madrid, La Fabrica. Ia memulai debut bersama Los Blancos pada usia 18 tahun 177 hari di laga Liga Champions menghadapi Olympiakos, September 1999. 

Tak butuh waktu lama untuknya mendapatkan debut di LaLiga Spanyol. Setelah itu, Casillas seakan tak tergantikan selama 16 tahun di Real Madrid. 

Selama membela Real Madrid, Iker Casillas yang didapuk sebagai kapten meraih banyak sekali trofi, di antaranya adalah 5 LaLiga, 2 Copa del Rey, dan 3 Liga Champions. Di level tim nasional, Iker Casillas juga sukses besar dengan memenangkan Piala Dunia dan Piala Eropa bersama Timnas Spanyol.