Liga Indonesia

Satia Bagdja Meninggal Dunia karena Sakit, Legenda Timnas Indonesia Angkat Suara

Selasa, 4 Agustus 2020 00:14 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Papat Yunisal turut berduka cita atas meninggalnya Satia Bagdja. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Papat Yunisal turut berduka cita atas meninggalnya Satia Bagdja.

INDOSPORT.COM - Kabar duka datang dari dunia sepak bola nasional. Mantan pelatih Timnas Indonesia Putri, Satia Bagdja, dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Senin (03/08/2020) malam pukul 20.45 WIB. Hal ini pun menjadi perhatian salah satu legenda Timnas Indonesia Putri, Papat Yunisal.

Papat Yunisal mengaku turut berduka cita atas meninggalnya pria bernama lengkap Satia Bagdja Ijatna itu. Dirinya mengakui bahwa Satia merupakan sosok yang selalu ingin memajukan sepak bola putri Indonesia.

"Beliau merupakan sosok yang dekat dan selalu ingin memajukan sepak bola wanita. Dia terlibat dalam perubahan sepak bola putri yang lebih baik dan tertata. Sepak bola wanita sangat berduka," kata Papat dikutip dari Antara.

Papat Yunisal yang sempat bermain untuk Timnas Indonesia Putri dikejuaraan Putri ASEAN pada tahun 1982 itu menilai bahwa, sosok Satia Bagdja memiliki kemampuan untuk mendekatkan diri dengan pemain sepak bola putri.

Selain itu, Papat yang juga dulunya adalah manajer Timnas Putri Indonesia di Asian Games 2018 mengungkapkan bahwa Satia Bagdja mampu menghadirkan rasa nyaman dan suasana kekeluargaan dalam skuat.

"Sebagai orang yang pernah melatih atlet putri UNJ (Universitas Negeri Jakarta), dia bisa memosisikan diri dengan baik sebagai pelatih, guru dan ayah bagi atlet,” ucapnya.

“Dia mengerti apa yang diperlukan oleh atlet perempuan yang secara psikologis berbeda dengan atlet laki-laki. Satia Bagdja mengetahui kapan dia harus tegas, kapan dia mesti mendekati pemain. Selalu memiliki solusi terbaik untuk setiap masalah," tambahnya.

Diketahui, Satia Bagdja Itjatna meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Bekasi, Jawa Barat, Senin sekitar pukul 20.45 WIB karena sakit.

Satia Bagdja sebelumnya pernah menjabat sebagai asisten pelatih Rahmad Darmawan saat masih menjadi pelatih kepala di Persikota Tangerang, Arema Malang, Persebaya Surabaya, Persija, timnas U-23 tahun 2011-2013 dan terakhir di klub Malaysia T-Team.

Selain itu, Satia Bagdja juga pernah melatih tim Liga 2, Persiba Balikpapan serta Timnas Indonesia Putri untuk Asian Games 2018 serta Piala AFF Wanita 2018.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%