Bursa Transfer

Gratisan, Chelsea Pantau Eks Wonderkid Barcelona 'Titisan' Van Dijk

Rabu, 5 Agustus 2020 09:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Quality Sport Images/GettyImages
Xavier Mbuyamba (Barcelona) masih jadi incaran klub Liga Inggris, Chelsea. Copyright: © Quality Sport Images/GettyImages
Xavier Mbuyamba (Barcelona) masih jadi incaran klub Liga Inggris, Chelsea.

INDOSPORT.COM - Chelsea kabarnya membidik mantan wonderkid Barcelona yang juga dianggap sebagai ‘titisan’ Virgil van Dijk, Xavier Mbuyamba, di bursa transfer pemain.

Dilansir dari laman Football London, pemain muda yang masih berusia 18 tahun tersebut bisa jadi target potensial dan menggiurkan bagi The Blues dengan statusnya yang kini bebas transfer. Lalu siapa Xavier Mbuyamba ini?

Lahir di Maastricht, Belanda, pada 31 Desember 2001, Mbuyamba mengawali karier sepak bolanya bersama klub sepak bola lokal, MVV. Ia mengantarkan timnya tersebut finis di peringkat 12 Eerste Divisie musim lalu dengan meraih 54 poin.

Penampilan impresifnya pun membuat Barcelona kepincut mendatangkannya meski sempat harus bersaing dengan Chelsea. Beruntung, kubu Blaugrana dinaungi dewi fortuna lantaran The Blues pada waktu itu masih berkutat dengan larangan belanja di bursa transfer pemain.

Mbuyamba kemudian dimasukkan ke tim U-19 Barcelona untuk mengarungi musim 2019-2020 namun sayang belum berkesempatan debut di tim utama. Kini Chelsea pun berkesempatan menuntaskan hasratnya yang belum kelar untuk mendatangkan sang pemain ke Stamford Bridge.

Digadang-gadang sebagai ‘the next Virgil van Dijk’, Mbuyamba diharapkan bisa jadi solusi jangka panjang Chelsea membenahi serta memperkuat lini belakangnya. Selain itu, mendatangkan pemain muda juga bisa jadi aset masa depan skuat Frank Lampard tersebut.

Setelah menyelesaikan musim ini, Lampard memang fokus merombak isi skuatnya dan melakukan beberapa perubahan. Sebelumnya, mereka telah mendatangkan Timo Werner dan Hakim Ziyech di bursa transfer pemain dengan merogoh 86,4 juta poundsterling (Rp1,65 triliun).

Jika berhasil memboyong Xavier Mbuyamba, Chelsea bisa memiliki Virgil van Dijk-nya sendiri, bek yang tampil elegan serta tenang saat membawa bola.

Kaki panjangnya akan sangat membantu dalam hal pacing. Tinggi badannya yang menjulang membuatnya menonjol di antara pemain lain seusianya dan tak membuatnya inferior ketika tampil bersama para pemain senior atau yang lebih tua.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%