Bola Internasional

Lionel Messi Sudah Lama 'Pecundangi' Cristiano Ronaldo dalam 1 Dekade

Rabu, 5 Agustus 2020 00:01 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Kapten Barcelona, Lionel Messi ternyata sudah lama pecundangi Cristiano Ronaldo selaku striker Juventus lewat catatan statistik apik satu dekade terakhir. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Kapten Barcelona, Lionel Messi ternyata sudah lama pecundangi Cristiano Ronaldo selaku striker Juventus lewat catatan statistik apik satu dekade terakhir.

INDOSPORT.COM - Perdebatan pemain terbaik antara kapten Barcelona, Lionel Messi dan striker Juventus, Cristiano Ronaldo nampak tak pernah berakhir. Namun ternyata La Pulga sudah lama menang setelah catatkan statistik apik dalam satu dekade.

Dua megabintang ini sudah tak diragukan lagi sebagai legenda hidup yang masih bisa aktif bermain sampai sekarang. Jika Lionel Messi dikenal sebagai pemain andalan terloyal Barcelona, maka Cristiano Ronaldo disebut sebagai penguasa Eropa dengan banyak bakat terpendam.

Hingga saat ini baik Si Kutu dan CR7 menjadi dua pemain langka yang punya rekor torehan lebih dari 700 gol. Messi dengan catatan 703 gol dalam 867 laga Barcelona dan Timnas Argentina, sementara Ronaldo dengan koleksi 735 kali jebol gawang kala gabung empat klub Eropa serta saat bela Timnas Portugal.

Meskipun Messi berusia lebih muda yakni 33 tahun, ia rupanya berhasil menyandang status lebih baik daripada Ronaldo yang saat ini menginjak 35 tahun. Melansir laman berita Give Me Sport, hal ini dibuktikan dengan dominasi megabintang Barcelona tersebut dalam 10 tahun terakhir.

Menurut penilaian situs Whoscored dengan pertimbangan segi kemampuan jarak pertahanan, kapasitas ofensif, dan passing, ditemukan kalkulasi angka dengan nilai maksimal 10. Dengan jumlah rata-rata, bisa disimpulkan Messi unggul dalam banyak segi kemampuan bahkan saat pertama kali bertemu Ronaldo kala masih di Real Madrid.

Sejak musim 2010-2011, Messi selalu memiliki rata-rata angka 8,8 dan kerap dipepet tipis oleh kehebatan Ronaldo hingga musim 2013-2014. Alih-alih mengejar ketertinggalan, bintang Juventus itu malah alami kemerosotan hingga berakhir di rata-rata 7,5  saat ini.

Menurut sumber yang sama, Messi berhasil memenangkan duel statistik dengan total dominasi 95 persen mengalahkan Ronaldo yang hanya lima persen sisanya. Hal ini pun nampak dibuktikan dengan raihan Ballon d'Or yang lebih banyak didapat striker asal Argentina tersebut.

Bagaimana dengan statistik musim ini? Lionel Messi nyatanya tetap mendominasi dengan nilai 8,7 lewat rekor pemain LaLiga Spanyol yang bisa cetak 25 gol dan 22 assists dalam 33 laga Barcelona. Cristiano Ronaldo keok dengan hanya nilai 7,8 walaupun sumbangkan 31 gol dalam 33 laga Juventus karena lebih banyak dari sumbangsih penalti.