Liga Indonesia

Jelang Lanjutan Liga 1 2020, Wasit FIFA Ini Juga 'Panaskan Mesin'

Kamis, 6 Agustus 2020 20:04 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Herry Ibrahim
© Ronald Seger/INDOSPORT
Wasit berlisensi FIFA asal Indonesia, Dwi Purba Adi Wicakcana, untuk sementara harus vakum dari aktivitas memimpin kompetisi karena dampak antisipasi virus Corona. Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Wasit berlisensi FIFA asal Indonesia, Dwi Purba Adi Wicakcana, untuk sementara harus vakum dari aktivitas memimpin kompetisi karena dampak antisipasi virus Corona.

INDOSPORT.COM - Keputusan dimulainya lanjutan Liga 1 2020 1 Oktober mendatang membuat para pemain terus latihan intensif. Meski masih di kampung halaman masing-masing, mereka terus menjaga kondisi sebelum nantinya kembali ke klub untuk latihan bersama.

Tak hanya pemain, wasit berlisensi FIFA asal Kudus, Dwi Purba Adi Wicaksana juga 'memanaskan mesin'. Kepada INDOSPORT, Purba mengaku menambah porsi latihan untuk meningkatkan kebugaran dan stamina.

"Latihan mandiri sebenarnya selalu dilakukan setelah kompetisi vakum. Namun sekarang intensitas ditambah lagi," kata Purba, Kamis (06/08/20).

Purba memaparkan, setiap pagi dirinya berlatih fisik ringan seperti jogging. Sementara sore hari, dia bergabung dengan rekan seprofesi untuk bermain sepak bola.

"Kadang juga diminta untuk memimpin pertandingan amal. Lumayan untuk menjaga feeling soal keputusan, sehingga seimbang," paparnya.

Tak hanya secara fisik, wasit-wasit dari Jawa Tengah sebelumnya juga mengikuti workshop yang digelar Asosiasi Provinsi (Asprov). Meski secara daring, namun agenda itu cukup penting guna memperdalam dan mengingat kembali sejumlah hal yang berkaitan dengan aturan-aturan pertandingan.

"Jadi saat nanti kompetisi kembali bergulir, semuanya telah siap. Baik dari segi fisik maupun pemahaman law of the game," tukas Purba.