Liga Indonesia

Lihat Kondisi Pemain, PSMS Gelar Tes VO2 Max

Jumat, 7 Agustus 2020 14:00 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media PSMS Medan
Klub Liga 2 2020, PSMS Medan, menggelar tes fisik VO2 Max (Volume Oksigen Maximum), untuk melihat kondisi para pemain. Copyright: © Media PSMS Medan
Klub Liga 2 2020, PSMS Medan, menggelar tes fisik VO2 Max (Volume Oksigen Maximum), untuk melihat kondisi para pemain.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 2020, PSMS Medan, menggelar tes fisik VO2 Max (Volume Oksigen Maximum), untuk melihat kondisi para pemain yang mana hampir semua pemain PSMS telah bergabung dengan tim.

Tes fisik untuk melihat VO2 Max para pemain Ayam Kinantan ini digelar di Lapangan Sepak bola Jasdam I/Bukit Barisan di Medan, Kamis (06/08/20) pagi.

Dalam latihan tersebut, dua bintang anyar PSMS, Ferdinand Sinaga dan Paulo Sitanggang, turut hadir dalam tes tersebut, di mana tes ini dipimpin langsung oleh pelatih kepala PSMS, Philep Hansen, serta didampingi pelatih fisik, Ardi Nusri.

Ardi Nusri, pelatih fisik PSMS itu mengatakan bahwa tes ini hanya sebagai data tim pelatih, untuk tujuan meningkatkan kondisi fisik Legimin Raharjo dan kawan-kawan sebelum bergulirnya home tournament Liga 2 2020.

"Tes ini sebagai data awal kita untuk persiapan ke program latihan kita selanjutnya. Sebab program kita berikutnya tak lain meningkatkan kondisi mereka," kata Ardi Nusri, saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Anak-anak sudah libur cukup lama sebelumnya dan hanya latihan mandiri (selama pandemi virus corona). Jadi kondisi fisik mereka menurun drastis," lanjutnya.

Maka dari itu, lanjut Ardi, pihaknya akan terus menjalankan program latihan untuk meningkatkan kondisi fisik para pemain PSMS sebelum home tournament Liga 2 2020 bergulir Oktober mendatang.

"Nantinya setelah menjalani seluruh program latihan tim sebelum kompetisi bergulir, kami akan kembali jalani tes VO2 Max. Di situ akan kelihatan para pemain apakah indeks mereka naik atau tidak ada perubahan," ucapnya.

Pria yang juga berprofesi sebagai dosen ini menyebut, tes VO2 Max kali ini diikuti 24 dari total 28 pemain yang dimiliki PSMS saat ini, termasuk beberapa pemain baru bergabung latihan dengan tim pada awal Agustus ini seperti Elina Soka, Herlian Arif hingga Ananias Fingkreuw.

"4 pemain lainnya yang absen di tes ini Rachmad Hidayat yang cedera kemarin saat latihan, Fiwi Dwipan sedang dinas (Kostrad), Adi Satryo gabung TC Timnas U-19 dan Riski Novriansyah yang belum gabung," pungkas Ardi.