In-depth

Kemenangan Nyata Juventus Musim Ini: Pecat Sarri, Rekrut Zidane

Sabtu, 8 Agustus 2020 19:00 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Suara untuk memecat Maurizio Sarri dan merekrut Zinedine Zidane tengah bergaung seiring kegagalan Juventus di Liga Champions 2019/20. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Suara untuk memecat Maurizio Sarri dan merekrut Zinedine Zidane tengah bergaung seiring kegagalan Juventus di Liga Champions 2019/20.

INDOSPORT.COM - Suara untuk memecat Maurizio Sarri dan merekrut Zinedine Zidane tengah bergaung seiring kegagalan Juventus di Liga Champions 2019/20.

Juventus gagal melaju ke perempatfinal Liga Champions musim ini setelah disingkirkan Lyon lewat agresivitas gol tandang.

Pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Juventus menyerah 0-1 di markas Lyon. Lalu, mereka menang 2-1 pada Sabtu (08/08/20) dini hari WIB, sehingga agregat menjadi 2-2.

Dengan hasil tersebut, maka Juventus mengakhiri 2019/20 dengan satu trofi saja, yakni Serie A. Mereka lebih dulu kalah di Piala Super Italia dan Coppa Italia. Ini pencapaian terburuk sejak musim debut Antonio Conte pada 2011/12.

Keberhasilan scudetto musim ini pun diiringi komentar negatif. Juventus kesulitan meraih kemenangan terhitung sejak kompetisi dilanjutkan kembali setelah jeda corona.

Terkait kegagalan di Liga Champions, kursi kepelatihan Maurizio Sarri kembali bergetar hebat.

Setelah pertandingan melawan Lyon, Presiden Juventus, Andrea Agnelli, menegaskan bahwa Sarri masih aman.

"Ya, Sarri bertahan," ucap Agnelli kepada Sky Sport Italia.

Akan tetapi, pernyataan Agnelli diyakini sekadar komentar aman. Pasalnya, ia pernah mengutarakan hal serupa untuk Massimiliano Allegri pada Mei 2019. Akan tetapi, selang beberapa hari, sang pelatih berpisah dengan Bianconeri.

"(Max) Allegri benar-benar kesal dan merasa dikhianati oleh Juventus. Dia sangat dikecewakan oleh Presiden Andrea Agnelli,” kata pelatih legendaris Italia, Giovanni Galeone, kepada surat kabar Il Fatto Quotidiano, pada Juni 2019.

Di situs resmi Juventus, Agnelli memberi pernyataan bahwa manajemen akan mengevaluasi pencapaian musim ini sebelum mengambil keputusan. Artinya, posisi Sarri memang belum aman.

Media-media di Italia seperti Gazzetta bahkan memunculkan rumor bahwa petinggi Juventus membidik sejumlah nama untuk menggantikan Sarri.

Calon pelatih Juventus berikutnya ialah arsitek Lazio, Simone Inzaghi, hingga pembesut Real Madrid, Zinedine Zidane.

Nama Zinedine Zidane jadi sorotan. Bila berhasil meyakinkan pria asal Prancis itu, maka bisa dikatakan inilah kemenangan nyata Juventus di 2019/20.