Liga Indonesia

Rudy Eka Priyambada Bentuk Akademi Sepak Bola Bertaraf Internasional

Sabtu, 8 Agustus 2020 18:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© twitter
Rudy Eka Priyambada saat masih melatih Tira-Persikabo. Copyright: © twitter
Rudy Eka Priyambada saat masih melatih Tira-Persikabo.

INDOSPORT.COM - Sebuah terobosan anyar dilakukan oleh mantan pelatih Tira-Persikabo, Rudy Eka Priyambada, yakni mendirikan akademi sepak bola bertaraf internasional di Jawa Tengah bernama SAFIN PATI Football Academy.

Akademi tersebut baru dibentuk kurang dari setahun lalu. Sekitar 100 peserta telah terdaftar di level akademi maupun SSB milik SAFIN PATI Football Academy.

Sebagai salah satu pelatih lokal yang telah mengantongi lisensi AFC Pro, Rudy Eka Priyambada, menyadari betapa penting fasilitas sebagai penunjang untuk membentuk pesepak bola berkualitas.

Selain itu, Rudy Eka juga turut mengadopsi bagaimana akademi sepak bola di Eropa dan Amerika membina para pemain, termasuk dengan memperhatikan bangku pendidikan.

"Kita mendirikan akademi taraf internasional, lengkap dengan fasilitas, dua lapangan dan asrama. Pendidikan formal para pemain juga sangat penting," ungkap Rudy Eka Priyambada dalam webinar bersama SOBP ID, Sabtu (8/8/20) pagi.

"Kami menghadirkan kurikulum Singapura di level SD-SMP, lalu untuk SMA pakai Cambridge Curriculum. Ini sesuai buat siswa kami yang mau lanjut ke luar negeri, baik nanti sebagai pemain atau sekadar mau melanjutkan kuliah," cetusnya.

Tak hanya membina para pemain untuk menjadi pesepak bola profesional, namun akademi SAFIN PATI juga membina softskill para pemain, sebagai modal berkarier di luar sepak bola maupun pilihan usai pensiun.

"Kami juga punya pembinaan softskill lain seperti perkebunan, peternakan, perhotelan, dan entrepreneurship juga diberikan kepada anak-anak. Jangan lupa, agama juga tetap diperhatikan, Muslim maupun non-Muslim," pungkasnya.

Rudy Eka Priyambada adalah pelatih lokal paling muda yang mengantongi lisensi AFC Pro. Ia berharap akademi SAFIN PATI bisa bertahan untuk jangka panjang dan berafiliasi dengan klub sepak bola.