Liga Champions

Tendang Real Madrid, Guardiola Ikuti Jejak Hebat Dua Pelatih Dunia

Sabtu, 8 Agustus 2020 09:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Kevork Djansezian/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengikuti jejak dua pelatih dunia usai tumbangkan Real Madrid di Liga Champions. Copyright: © Kevork Djansezian/Getty Images
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengikuti jejak dua pelatih dunia usai tumbangkan Real Madrid di Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Manchester City tendang Real Madrid dari Liga Champions 2019-2020, Pep Guardiola sukses ikuti jejak dua pelatih dunia, Marcelo Lippi dan Ottmar Hitzfeld.

The Citizens tengah berbahagia lantaran berhasil meraih satu tiket ke fase perempatfinal setelah melibas Los Blancos dengan skor 2-1 di leg kedua 16 besar (aggregate 4-2), Sabtu (08/08/20) dini hari WIB.

Raheem Sterling dan Gabriel Jesus menyumbang gol kemenangan Manchester City, sedangkan Karim Benzema jadi ‘pahlawan’ penghibur Real Madrid dengan gol semata wayangnya.

Namun di sisi lain, Pep Guardiola berhasil mencetak rekor fantastis yang hanya dimiliki oleh Marcelo Lippi dan Omar Hitzfeld, yakni menendang Real Madrid keluar dari fase gugur Liga Champions sebanyak dua kali.

Dilansir BT Sport, selain 2019-2020, rekor tersebut dicatatkan Guardiola pada musim 2010-2011, yang mana pada saat itu ia masih menangani Barcelona. Ia pun berhasil membawa timnya melaju ke final dengan keunggulan akhir 3-1 atas Los Blancos.

Setelah itu, Lionel Messi cs menghadapi perlawanan Manchester United di partai puncak dan menjadi juara. Sembilan tahun berselang, akankah kali ini Guardiola bisa meraih trofi bersama Manchester City?

Sebagai catatan, sebelum Pep Guardiola, pelatih sepak bola asal Italia, Marcelo Lippi, juga pernah menghempaskan Real Madrid dua kali di Liga Champions, yakni pada musim 1995-1996 (Juventus - perempatfinal) dan 2002-2003 (Juventus - semifinal).

Tak ketinggalan pula Ottmar Hitzfeld yang mengukir rekor serupa pada musim 2000-2001 (Bayern Munchen - semifinal) dan 2006-2007 (perempatfinal - Bayern Munchen).

Guardiola pun kini layak disandingkan dengan dua pelatih sepak bola dunia tersebut, yang berhasil menghentikan laju Los Blancos di kancah Eropa dua kali, yang mana jelas bukan perkara mudah.

Kembali ke masa kini, usai menuntaskan Real Madrid, Manchester City dijadwalkan bertemu Olympique Lyon di babak perempatfinal Liga Champions pada Minggu (16/08/20) dini hari WIB.