Liga Indonesia

Dedi Kusnandar Sudah Siap Berlatih Kembali dengan Persib Bandung

Minggu, 9 Agustus 2020 16:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 Persib bandung, Dedi Kusnandar saat berlatih gym beberapa waktu lalu. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 Persib bandung, Dedi Kusnandar saat berlatih gym beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 Persib Bandung, Dedi Kusnandar, sudah siap mengikuti latihan perdana dengan tim di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Senin (10/08/20). 

Menurutnya, latihan bersama tim sangat dinantikan, karena selama empat bulan hanya menjalankan program latihan mandiri. Lantaran, aktivitas tim kebanggaan Bobotoh diliburkan. 

Selain itu, Dado sapaan akrabnya mengatakan, materi latihan mandiri sangat berbeda dengan tim. Karena, banyak keterbatasan baik dari fisilitas maupun materi latihan, ditambah lagi ada rasa jenuh. 

"Pasti lah ada perbedaan, sama tim kan ada kebersamaan, kalu mandiri ya hanya sendiri jadi beda, walupun sama menjalankan latihan tapi tetap beda gak ada teman," ucap Dado. 

"Terus dari fasilitas juga terbatas kalau mandiri, jadi menjaga motivasi itu yang berat," jelas Dado. 

Menjelang latihan perdana, pemain asal Jatinangor, Kabupaten Sumedang ini mengaku mempersiapkan fisik dan mental. Karena, sudah lama tidak berlatih bersama tim. 

"Persiapan biasa kalu sebelum latihan kita selalu mempersiapkan diri, maksudnya ya dari segi fisik terus mental seperti biasa. Kita juga tetap latihan mandiri tetap jalan, sebagai pemain sepak bola profesional harus tetap menjaga kondisi biar gak terlalu kaget di latihan awal," katanya. 

"Apalagi, kita latihan awal bayak (program), dikhawatirkan badan gak siap jadi harus mempersiapkan diri dari sekarang," jelas Dado. 

Sebelumnya, pelatih Persib, Robert Rene Alberts, sudah mempersiapkan program latihan bagi anak asuhnya pada Juli lalu, untuk persiapan menghadapi lanjutan kompetisi Liga 1 2020, Oktober mendatang. 

Namun, rencana latihan tersebut batal digelar dengan berbagai alasan. Padahal, Robert Alberts sudah memantau langsung kesiapan Stadion GBLA dan mayoritas pemain sudah berada di Bandung serta mengikuti swab test.