Liga Indonesia

Dilema Jacksen Tiago Pemain Muda Persipura ke Timnas Indonesia

Minggu, 9 Agustus 2020 21:44 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago mengaku bangga salah satu pemain mudanya, Theofilo Numberi dipanggil ke Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago mengaku bangga salah satu pemain mudanya, Theofilo Numberi dipanggil ke Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago mengaku bangga salah satu pemain mudanya, Theofilo Numberi dipanggil ke tim nasional Indonesia U-19 untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Tapi, pelatih berkebangsaan Brasil ini juga mengaku kecewa dengan pemanggilan Theo tersebut. Pasalnya, merujuk pada aturan baru kompetisi Liga 1 yang mengharuskan memainkan dua pemain U-19, membuat Jacksen harus menyusun rencana alternatif jika kehilangan Theo.

"Dari aspek pemanggilan kami bangga, karena Papua punya aset di Timnas. Cuma kita tidak boleh tutup mata bahwa ada regulasi baru di PSSI mengenai pemain U-19," ujar Jacksen kepada INDOSPORT, Minggu (9/8/20).

"Sudah jelas Theo akan menjadi salah satu andalan kami seandainya regulasi itu berjalan. Karena selain Theo, kami cuma punya Wulf Horota yang masuk dalam rencana regulasi baru tersebut," tambahnya.

Jacksen membeberkan, timnya saat ini tengah dalam masa transisi atau regenerasi bertahap. Dan pemanggilan Theo ke timnas menurutnya sangat mempengaruhi aspek teknis tim Persipura.

"Kami harus ingat bahwa tim Persipura saat ini sedang dalam sebuah transisi pemain senior dan muda. Pasti akan ada efek dari aspek teknis pemanggilan Theo ke timnas," jelasnya.

Sayangnya, keinginan Jacksen untuk memberikan kesempatan bermain kepada Theo di lanjutan Liga 1 2020 nanti kemungkinan sedikit terkendala jika saja sang pemain lolos dari TC Timnas Indonesia U-19.

"Musim kemarin kami sudah mau berikan menit bermain yang banyak pada Theo. Sayang sekali debut dia saat lawan PSM dia cedera dan kami tidak memiliki waktu berkumpul kembali (pemanggilan Timnas)," pungkasnya.

Sekadar diketahui, TC Timnas Indonesia U-19 baru saja berjalan mulai Sabtu (8/8/20) kemarin karena menanti hasil swab test para pemain. Sebelumnya, pemain yang akan menjalani TC telah dikarantina selama 14 hari.