Liga Spanyol

Ada Martinez, Ini 4 Formasi yang Bisa Dicoba Barcelona Musim Depan

Rabu, 12 Agustus 2020 18:49 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Berikut tersaji empat formasi yang bisa dicoba Barcelona musim depan, dimana dua di antaranya adalah skema jika Lautaro Martinez merapat ke Camp Nou. Copyright: © Erwin Spek/Soccrates/Getty Images
Berikut tersaji empat formasi yang bisa dicoba Barcelona musim depan, dimana dua di antaranya adalah skema jika Lautaro Martinez merapat ke Camp Nou.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji empat formasi yang bisa dicoba Barcelona musim depan, dimana dua di antaranya adalah skema jika Lautaro Martinez benar-benar bergabung ke raksasa LaLiga Spanyol tersebut.

Barcelona gagal memenangkan kompetisi sepak bola LaLiga Spanyol 2019/20. Mereka hanya mampu finis di posisi dua klasemen akhir dengan torehan 82 poin, hasil dari 25 menang, tujuh imbang, dan enam kalah.

Klub yang berjuluk Blaugrana itupun sangat gencar mengejar para pemain berkualitas untuk membenahi skuat Quique Setien tersebut. Namun, hanya satu incaran utama mereka, yaitu Lautaro Martinez dari Inter Milan.

Lautaro Martinez sebenarnya sudah bersedia untuk merapat ke Camp Nou di bursa transfer. Namun, ia tak terburu-buru dan ingin ikut keputusan Inter Milan saja. Jika klub tersebut memang ingin membuangnya, Martinez bakal menurut. Begitupun sebaliknya.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, berikut tersaji empat formasi yang bisa dipakai Quique Setien musim depan. Dua di antaranya adalah skema jika Lautaro Martinez gabung ke tim Catalan tersebut.

1. Formasi Impian

Barcelona bisa menggunakan formasi 4-3-3 jika mereka mendapatkan Martinez dari Inter. Striker muda Argentina itu bakal ditempatkan di posisi tengah, diapit oleh Ousmane Dembele di sisi kiri dan Lionel Messi di sisi kanan. 

Susunan pemainnya adalah Marc-Andre Ter Stegen, Jordi Alba, Gerard Pique, Eric Garcia (Manchester City), Sergino Dest (Ajax Amsterdam), Riqui Puig, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Ousmane Dembele, Lautaro Martinez, Lionel Messi.

2. Formasi Diamond

Formasi diamond adalah 4-1-2-1-2 atau 4-4-2 yang mana lini tengahnya membentuk diamond (permata). Dalam formasi ini, Messi berada di belakang Antoine Griemzmann dan Martinez. Ada juga perubahan di lini belakang.

Susunan pemainnya adalah Ter Stegen, Alba, Clement Lenglet, Pique, Sergi Roberto, Puig, Busquets, De Jong, Messi, Griezmann, dan Martinez.

3. Formasi Setien

Ini adalah formasi yang mungkin bakal diterapkan Setien jika gagal mendatangkan Martinez. Skemanya adalah 3-5-2 yang memang pernah dipakai sang pelatih saat pertama kali gabung Barcelona.

Susunan pemainnya adalah Ter Stegen, Lenglet, Pique, Ronald Araujo, Alba, Puig, Busquets, De Jong, Roberto, Griezmann, dan Messi.

4. Formasi Muda

Ini adalah formasi jika Blaugrana menggunakan para pemain muda. Dengan skema 4-3-3, ada banyak perubahan, baik dari lini belakang, tengah, dan depan. Karena ini adalah formasi muda, maka jelas Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan lain-lain tak diikutkan.

Susunan pemainnya: Inaki Pena, Junior Firpo, Araujo, Pau Torres (Villarreal), Dest, Carles Alena, De Jong, Puig, Ansu Fati, Pedri, dan Francisco Trincao.

Itulah empat formasi yang mungkin bakal dicoba oleh Quique Setien musim depan. Perubahan memang harus dilakukan pihak Barcelona, agar klub tersebut mampu lebih kompetitif di LaLiga Spanyol atau Liga Champions.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%