Liga Champions

Coutinho Menggila di Liga Champions, Liverpool Cari 'Pelipur Lara'

Sabtu, 15 Agustus 2020 17:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Liverpool tampaknya tak ingin goyah melihat mantan pemainnya, Philippe Coutinho, menggila di Liga Champions. Copyright: © Getty Images
Liverpool tampaknya tak ingin goyah melihat mantan pemainnya, Philippe Coutinho, menggila di Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Liverpool tampaknya tak ingin goyah melihat mantan pemainnya, Philippe Coutinho, menggila di Liga Champions. Jawara Liga Inggris ini pun langsung mencari pelipur lara pada salah satu pemain andalannya.

Media Liverpool Echo mengangkat sosok Trent Alexander-Arnold, pemain yang secara tidak langsung diproyeksikan menjadi pengganti jangka panjang Coutinho di Liverpool. Musim ini, dia berhasil dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Inggris.

Trent Alexander-Arnold sejatinya berperan sebagai full back saat dia dipromosikan oleh Jurgen Klopp dari Akademi Liverpool pada tahun 2016. Namun, dia menjelma jadi sosok penting saat Klopp kehilangan Coutinho di skuat Liga Champions 2018 silam.

Tepat pada 15 Agustus 2017, Alexander-Arnold mencetak gol pertamanya untuk Liverpool lewat sebuah tendangan bebas di leg pertama babak playoff Liga Champions melawan tim Bundesliga, Hoffenheim, dengan kemenangan skor 2-1.

Pemain berkebangsaan Inggris ini dianggap pelipur lara atas kegundahan Jurgen Klopp dalam menghadapi sikap Philippe Coutinho. Diketahui, Coutinho sempat menolak main di Liga Champions demi bisa hijrah ke Barcelona pada Januari 2018 silam.

Ya, berkat Alexander-Arnold ini, pelatih berkebangsaan Jerman itu belajar bahwa Liverpool bisa tidak lagi bergantung pada kemampuan ajaib Coutinho di lini depan.

Tanpa pemain berkebangsaan Brasil itu, Alexander-Arnold rupanya bisa bermain lebih tinggi. Penampilannya itu siap didukung oleh Jordan Henderson, Gini Wijnaldum, dan Emre Can di lini tengah.

Sebelum Alexander-Arnold mencetak gol itu, Coutinho-lah yang selalu diandalkan The Reds di setiap kesempatan tendangan bebas. Namun kini tugas itu telah sukses ambil alih oleh Alexander-Arnold.

Pada musim 2019-2020, Trent Alexander-Arnold membukuka 38 penampilan atau total keseluruhan laga yang dijalani Liverpool. Pemain 21 tahun itu juga memproduksi 13 assist dan mencetak empat gol yang membantu Liverpool juara Liga Inggris. 

Akhirnya Jurgen Klopp merelakan Coutinho yang beralih ke Barcelona dengan transfer bernilai rekor 160 juta euro atau Rp2,7 triliun pada Januari 2018. Sayangnya, musimnya di Camp Nou tidak sehebat saat dia di Anfield.

Pada musim panas 2019, dia malah dipinjamkan ke Bayern Munchen. Bermain bersama jawara Bundesliga Jerman, performa Coutinho perlahan-lahan mulai kembali bagus.

Dia bahkan menjadi pahlawan Bayern Munchen kala menyingkirkan Barcelona di babak perempatfinal Liga Champions dengan skor 8-2, Sabtu (15/08/20). Di laga tersebut, dia menampilkan performa kelas dunia.

Coutinho memberikan assist bagi gol Robert Lewandowski pada menit ke-82 sehingga mengubah skor menjadi 6-2. Tak berhenti di situ, pemilik nomor 10 di Bayern Munchen itu membuat dua gol pada menit ke-85 dan 89. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%