Liga Inggris

Liga Inggris Dihadiri Penonton, Berikut 6 Aturan Ketat yang Wajib Dipatuhi

Sabtu, 15 Agustus 2020 16:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pihak Liga Inggris telah menerapkan beberapa aturan ketat yang wajib dipatuhi saat memulai musim 2020-2020 dengan dihadiri penonton di stadion.

Liga Inggris musim 2020-2021 akan resmi bergulir mulai tanggal 12  September 2020 mendatang. Tepatnya, usai jeda internasional pada 5 September dan Community Shield yang bakal digelar pada 29 Agustus besok.

Bila sebelumnya Bundesliga Jerman telah menetapkan bahwa pertandingan musim depan bakal dihadiri penonton, kini Liga Inggris juga menyusul menerapkan kebijakan itu.

Hal ini tentunya menjadi sebuah kabar gembira bagi para pencinta sepak bola Inggris, terutama yang sudah rindu untuk datang ke stadion dan mendukung tim kesayangannya bermain.

Kebijakan membolehkan pertandingan dihadiri penonton ini akan diujicobakan pada bulan Oktober. Namun, pihak penyelenggara tetap menerapkan sejumlah protokol ketat demi menekan angka penularan virus corona yang masih mewabah di Inggris.

Dilansir dari Sun Sport, terdapat enam aturan yang wajib dipatuhi para pendukung tim Liga Inggris saat mereka datang ke stadion. Selain mengurangi kapasitas penonton di dalam stadion, dipasang pula stasiun hand sanitizer di beberapa titik.

Kapasitas Penonton Dikurangi

Tentunya ini akan menjadi tantangan besar bagi klub-klub besar, seperti Manchester United dan Arsenal yang memiliki stadion masing-masing, Old Trafford dan Emirates, dengan kapasitas 75 ribu penonton.

Namun demi mengurangi angka kasus virus Covid-19, kedua klub harus membatasi jumlah penonton hingga sekitar 25 persen, dengan angka resmi belum ditentukan.

Dengan persentase pengurangan ini, Arsenal mungkin hanya akan menampung sekitar 15 ribu penonton, Anfield yang merupakan markas Liverpool menampung sekitar 13.300, dan Man United memuat 18.719.

Sistem Satu Arah

Seperti pub dan tempat umum lain yang sudah dibuka kembali, sistem satu arah juga akan diberlakukan untuk menjaga jarak sosial. Sesama penggemar juga wajib menjaga jarak saat masuk melalui pintu putar dan menghindari penggemar yang akan keluar dari stadion.

Tidak Ada Nyanyian

Biasanya para penonton akan bernyanyi selama pertandingan untuk mendukung timnya, namun di musim depan tidak berlaku.

Sejumlah pakar kesehatan di Inggris menyarankan agar orang-orang tidak bersuara demi menghindari penyebaran partikel ludah yang menularkan virus Covid-19.