eSports

Kickoff Piala Menpora eSports, Zainudin Amali: Kita Terlanjur Juara Dunia

Senin, 17 Agustus 2020 17:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali di Wisma Kemenpora, Jakarta. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali di Wisma Kemenpora, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali baru saja meresmikan bergulirnya Piala Menpora eSports 2020 pada Senin (17/08/20).

Piala Menpora eSports menghadirkan game Mobile Legends sebagai andalan, dan diikuti oleh peserta dari kalangan SMP, SMA, hingga mahasiswa dari tingkat universitas.

Setidaknya, per tanggal 17 Agustus atau bertepatan pada waktu kickoff, peserta Piala Menpora eSports sudah mencapai 14.410 orang dan masih akan terus bertambah.

Sehingga, Menpora Zainudin Amali optimis ajang ini akan melahirkan para penerus pro player Mobile Legends yang berprestasi di kancah nasional hingga internasional.

Terlebih, Indonesia telah meraih medali perak di ajang SEA Games 2019, bahkan menjadi juara dunia di ajang Mobile Legends World Championship (M1) 2019 lalu.

"Masalahnya kita ini sudah terlanjur juara dunia, sehingga kita nggak boleh berhenti, jangan sampai tahun depan melorot, mau naik lagi susah," ungkap Zainudin Amali dalam konferensi pers, Senin (17/08/20).

Piala Menpora eSports diharapkan dapat menjadi jembatan para pemain muda untuk bisa menembus level profesional, sekaligus menjadi wadah untuk berkompetisi di level nasional.

"Saya diskusi ke pegiat eSports, bagaimana caranya agar peringkat kita bisa bertahan, dan akhirnya kita dari pemerintah mulai memperbanyak turnamen-turnamen," tambahnya.

Menpora Zainudin Amali meresmikan kickoff kompetisi pada 17 Agustus 2020, agar ajang ini bisa menjadi panggilan bagi anak muda untuk bangga dengan prestasi Indonesia.

"Untuk peserta, nikmati ini, enjoy dan jangan stress. Soal hasil belakangan, yang penting semangat, anggap ini perayaan Indonesia Merdeka, perjuangan seperti tahun 45," pungkasnya.

Perlu diketahui, Piala Menpora eSports 2020 akan digelar dalam empat babak kualifikasi, dan mencapai partai puncak di awal bulan Oktober nanti. Total hadiah mencapai Rp150 juta.