Liga Champions

Data dan Fakta Jelang Duel RB Leipzig vs PSG di Liga Champions Eropa

Selasa, 18 Agustus 2020 14:07 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Data dan fakta menarik duel semifinal Liga Champions antara RB Leipzig vs PSG yang akan digelar pada Rabu (19/08/20) pukul 02.00 dini hari WIB. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Data dan fakta menarik duel semifinal Liga Champions antara RB Leipzig vs PSG yang akan digelar pada Rabu (19/08/20) pukul 02.00 dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Pertandingan semifinal Liga Champions antara RB Leipzig vs PSG akan digelar pada Rabu (19/08/20) pukul 02.00 dini hari WIB. Laga tersebut patut dinantikan karena salah satu tim bakal mencetak sejarah baru bila lolos ke final.

RB Leipzig berhasil menorehkan prestasi luar biasa karena ini pertama kalinya mereka lolos ke semifinal sejak klub didirikan pada 2009 lalu.

Tentu PSG akan sangat ketar-ketir dengan prestasi Leipzig, apalagi di perempat final mereka berhasil menumbangkan raksasa LaLiga Spanyol, Atletico Madrid, dengan skor 2-1.

Sementara itu, PSG juga berhasil mencatat sejarah istimewa musim ini karena berhasil menembus semifinal. Pasukan Thomas Tuchel berpeluang menjadi tim Prancis kedua yang lolos ke final selain AS Monaco pada 2003-2004 silam.

Berikut ini kami rangkum data dan fakta jelang duel RB Leipzig vs PSG di Liga Champions Eropa dini hari nanti. 

RB Leipzig

RB Leipzig berhasil menorehkan prestasi luar biasa karena ini pertama kalinya mereka lolos ke semifinal sejak klub didirikan pada 2009 lalu.

Di kompetisi Bundesliga Jerman, pasukan Julian Nagelsmann juga berhasil finis di peringkat tiga di bawah Borussia Dortmund dan Bayern Munchen.

RB Leipzig memenangkan delapan dari 15 pertandingan Liga Champions terakhir mereka musim ini. Sementara secara keseluruhan, mereka mampu menang tujuh dari delapan pertandingan di sistem gugur Liga Champions sejak keikutsertaan mereka di 2017.
 
Dari 17 pertandingan kompetitif terakhir di semua kompetisi, Leipzig tidak terkalahkan dalam 16 pertandingan. Di Tim inti mereka, hanya Ibrahima Konate yang absen karena cedera. 

PSG

PSG berhasil mencatat sejarah istimewa musim ini karena berhasil menembus semifinal. Pasukan Thomas Tuchel berpeluang menjadi tim Prancis kedua yang lolos ke final dengan format Liga Champions selain AS Monaco pada 2003-2004 silam.

Mereka juga berpeluang menjadi tim Prancis kedua yang menjuarai Piala Champions/Liga Champions setelah Olympique de Marseille pada 1993. 

Semifinal musim 2019-2020 sendiri bukan yang pertama bagi skuat asuhan Thomas Tuchel. Sebab, ini kali kedua dalam sejarah PSG sanggup mencapai semifinal ketika dikalahkan AC Milan pada 1995. 

Keberadaan PSG dan Lyon di semifinal pun menjadi rekor tersendiri bagi sepak bola Prancis. Apalagi jika keduanya lolos ke final. 

Meski Kylian Mbappe dan Neymar bisa dimainkan lawan RB Leipzig, namun PSG mesti kehilangan bek kiri mereka, Layvin Kurzawa dan gelandang Marco Veratti karena cedera. Sementara Angel Di Maria terkena akumulasi kartu di Liga Champions ini.