Liga Spanyol

Efek Domino Koeman Latih Barcelona, Arsene Wenger Kena Imbasnya

Selasa, 18 Agustus 2020 15:24 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mirror
Ditunjuknya Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien selaku pelatih raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, Arsene Wenger bisa kena imbasnya. Copyright: © Mirror
Ditunjuknya Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien selaku pelatih raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, Arsene Wenger bisa kena imbasnya.

INDOSPORT.COM - Langkah mengejutkan telah diambil Barcelona jelang LaLiga Spanyol lanjutan dengan memecat Quique Setien selaku pelatihnya. Akan resmi tunjuk Ronald Koeman, eks pelatih Arsenal, Arsene Wenger kini kena efek domino.

Seperti diketahui sebelumnya, keputusan untuk memilih Setien dulu berdasar pada kekecewaan manajemen tentang buruknya kualitas Ernesto Valverde. Maklum, eks juru latih Real Betis itu dikenal karena karakteristiknya yang bisa meningkatkan penguasaan bola sehingga cocok dengan taktik Tiki-Taka.

Akan tetapi, alih-alih mendapat kualitas yang lebih baik, Blaugrana malah kian terpuruk usai gagal merebut Copa del Rey sekaligus gelar LaLiga Spanyol karena direbut oleh Real Madrid. Puncaknya pun terjadi, setelah dipermalukan oleh Bayern Munchen 2-8 di Liga Champions, mereka memecat Setien.

Demi mengisi kekosongan kursi kepelatihan, El Barca lantas menunjuk jasa Ronald Koeman selaku legenda klub agar segera mewarisi posisi dari Setien. Dilansir laman berita Mirror, gara-gara hal tersebut Arsene Wenger juga bakal ikut terseret dalam reaksi berantai sehingga bakal turun gunung lagi.

Ya, selepas tinggalkan Arsenal 2018 lalu dan kini mengisi posisi penting di FIFA, Wenger justru berpotensi jadi pelatih Timnas Belanda gantikan peran serta Koeman. Walaupun sudah berusia 70 tahun, mengingat tugasnya tak terlalu intensif ia akan pertimbangkan untuk pertimbangkan tawaran Negeri Kincir Angin.

"Setiap hari saya ingin melatih lagi, dan hasrat ini nampak tak bisa saya hilangkan setelah sekian lama, meski sudah berusia 70 tahun. Perlukah saya bermain dengan takdir terkait kesehatan? Jujur, saya tak mau lakukan berbagai hal dengan setengah-setengah," ucap sang profesor sepak bola.

Barcelona sendiri nampak dengan tergesa-gesa langsung memilih Koeman dengan harapan bisa membawa klub ke jalan yang benar sekali lagi. Maklum, pengalaman merumput di Camp Nou enam tahun dan sudah banyak makan garam sebagai pelatih membuat legenda Timnas Belanda ini layak memperbaiki kinerja amburadul Setien.

Uniknya sebelum putuskan Koeman, Barcelona justru menghendaki Arsene Wenger sebagai pelatih anyar sekaligus gantikan Setien. Alasannya sederhana, demi hasil bagus di LaLiga Spanyol, mereka nampak ingin punya rekor Invincible layaknya Arsenal beberapa tahun lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%