Liga Champions

Nilai Neymar-Mbappe Bikin PSG Jadi Klub 'Sultan', Layak Juara Liga Champions?

Selasa, 18 Agustus 2020 21:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Xavier Laine/Getty Images
Dua pemain bintang PSG, Neymar (kiri) dan Kylian Mbappe selamatkan timnya dari kekalahan saat melawan Montpellier pada pertandingan Ligue 1 2019-2020 pekan ke-16. Copyright: © Xavier Laine/Getty Images
Dua pemain bintang PSG, Neymar (kiri) dan Kylian Mbappe selamatkan timnya dari kekalahan saat melawan Montpellier pada pertandingan Ligue 1 2019-2020 pekan ke-16.

INDOSPORT.COM – Status Paris Saint-Germain sebagai klub Prancis yang kaya raya dipertaruhkan di ajang Liga Champions. Mampukah klub yang memiliki deretan pemain mahal, termasuk Neymar dan Kylian Mbappe, menjadi juara di turnamen sepak bola bergengsi Eropa ini?

Paris Saint-Germain (PSG) berhasil lolos ke semifinal Liga Champions. Mereka akan berhadapn dengan RB Leipzig, Rabu (19/08/20) dini hari WIB di Estadion da Luz, Portugal.

Pertandingan semifinal tersebut bisa menjadi pembuktian bagi PSG. Bahwa PSG tidak sia-sia menggelontorkan dana triliunan demi mendatangkan pemain-pemain muda yang hebat.

Seperti diketahui, PSG merupakan satu kekuatan terbesar di Eropa dan kekuatan utama di bursa transfer. Hal ini tak lepas dari status klub yang dimiliki oleh Qatar Sports Investmens yang kaya raya.

Dilansir dari Goal.com, jawara Ligue 1 Prancis itu sudah melakukan beberapa kesepakatan paling terkenal dan menguntungkan di bursa transfer beberapa tahun terakhir. Hingga terhitung pada musim 2019-2020, nilai skuat PSG pun mencapai 779,4 juta euro atau setara Rp13,71 triliun.

Di antara sejumlah nilai skuat tersebut, PSG telah melaksanakan dua transfer termahal sepanjang masa untuk Kylian Mbappe dan Neymar. Mbappe dibeli dari AS Monaco pada 2017 dengan nilai 145 juta euro (Rp2,5 triliun), sedangkan Neymar direkrut dari Barcelona seharga 222 juta euro (Rp3,9 triliun)..

Kepindahan penyerang berkebangsaan Brasil dari Camp Nou ke Parc des Princes itu bahkan memecahkan rekor transfer sebelumnya, seperti Paul Pogba (105 juta euro) dari Juventus ke Manchester United, Gareth Bale (100,8 juta euro) dari Tottenham ke Real Madrid, dan Cristiano Ronaldo (94 juta euro) dari Man  United ke Real Madrid.

Transfer PSG lainnya yang dianggap menguntungkan, yakni kepindahan Angel Di Maria senilai 63 juta euro dari Man United dan 50 juta euro untuk Mauro Icardi dari Inter Milan.

Neymar dan Kylian Mbappe sendiri sudah membuktikan nilainya sebagai bintang termahal lewat torehan yang sensasional musim ini. Pemain Timnas Perancis itu mampu mencetak 30 gol dan 19 assist dari 35 pertandingan di semua kompetisi. Sementara Neymar telah mencetak 19 gol dan 11 assist dari 25 laga bersama PSG.

Angel Di Maria sedang mencoba memperbaiki performa usai sempati disisihkan di Old Trafford. Sementara Mauri Icardi kini menjadi ancaman baru di PSG setelah sempat mengalami drama transfer di Italia.

Dengan keempat pemain itu kini menjadi andalan PSG di setiap pertandingan penting, kini PSG sedang mempertaruhkan status sosial mereka sebagai klub kaya raya yang berambisi menjuarai Liga Champions.

PSG masih haris menaklukkan RB Leipzig,  tim kuda hitam asal Jerman yang didominasi pemain muda berbakat untuk bisa mencapai babak final Liga Champions.

Bila berakhir menaklukkan Leipzig, tim asuhan Thomas Tuchel itu akan menghadapi tantangan dari pemenang antara Bayern Munchen dan Lyon pada partai final yang digelar hari Minggu (24/08/20).

Jika PSG mampu melewati dua tantangan itu, maka rakasa Liga Prancis itu layak mendapatkan menciptakan sejarah baru dalam sepak bola, yakni sebagai klub kaya raya yang naik tahkta sebagai ‘Raja Eropa’.