Liga Indonesia

Pemain Mualaf Ini Sandingkan Eks Kiper Persebaya dengan Iker Casillas dan Buffon

Selasa, 18 Agustus 2020 20:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Mantan kiper Persebaya Surabaya, Alfonsius Kelvan memilih pemain lokal dan asing di posisi yang sama dengannya sebagai panutan. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Mantan kiper Persebaya Surabaya, Alfonsius Kelvan memilih pemain lokal dan asing di posisi yang sama dengannya sebagai panutan.

INDOSPORT.COM - Mantan kiper Persebaya Surabaya, Alfonsius Kelvan memilih pemain lokal dan asing di posisi yang sama dengannya sebagai panutan. Ia menyebut nama mantan kiper Bajul Ijo musim 1993, Koko Sunaryo dan dua kiper kelas dunia, Iker Casillas dan Gianluigi Buffon.

Koko Sunaryo merupakan orang yang paling berpengaruh bagi Alfons. Sosok tersebut juga merupakan ayah angkat bagi pemain 31 tahun itu. 

"Orang yang paling berpengaruh dalam karir profesional saya adalah bapak angkat saya, mantan Kiper Binataruna dulu, Koko Sunaryo. Dia pernah main di Niac Mitra, Krama Yudha, Mitra Surabaya dan terakhir Persebaya," ujarnya.

Disinggung soal pemain asing favorit, Alfons Kelvan tanpa ragu menyebut Casillas, Buffon dan satu nama lainnya yakni Tim Howard. Ketiganya dinilai punya kualitas dunia dan bahkan ada yang masih aktif bermain.

"Iker Casillas, Tim Howard dan Buffon. Alasannya mereka sama-sama kiper kelas dunia," tutur pemain yang mualaf pada 2010 lalu itu.

Saat ini, Alfons Kelvan tengah berstatus tanpa klub setelah memutuskan mundur dari Persela Lamongan di Liga 1 2020. Ia belum memutuskan main di klub mana dan fokus bersama keluarganya dan mengurus bisnis restoran di Samarinda, Kalimantan Timur.