Liga Spanyol

Tanpa Ronald Koeman, Barcelona Ternyata Sudah Punya 'Pep Guardiola'

Selasa, 18 Agustus 2020 21:24 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FC Barcelona
Tak perlu jauh-jauh datangkan Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien, raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, sudah punya Pep Guardiola baru. Copyright: © FC Barcelona
Tak perlu jauh-jauh datangkan Ronald Koeman sebagai pengganti Quique Setien, raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, sudah punya Pep Guardiola baru.

INDOSPORT.COM - Ksiruh buruknya performa raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona musim ini tak lepas dari kinerja kurang meyakinkan Quique Setien. Tanpa perlu datangkan pelatih pengganti, Ronald Koeman, klub ternyata sudah punya Pep Guardiola.

BIcara soal prestasi gemilang, El Barca pasti tak akan lupa jika ada peran penting seorang Guardiola dalam kejayaan mereka. Bagaimana tidak? Gantikan Frank Rijkaard yang semusim nirgelar, mantan gelandang serang ini langsung sukses bangkitkan taktik ikonik Tiki-Taka yang sangat fenomenal.

Tak butuh waktu lama, pelatih yang dipromosikan dari tim cadangan Barcelona B ini langsung sukses menyumbang banyak trofi seperti LaLiga Spanyol, Copa del Rey, Supercopa de Espana, Piala Dunia Antarklub, dan tentu saja Liga Champions. Pindah ke Bayern Munchen dan kini berkarier di Manchester City buatnya tak tergantikan.

Ya, selepas kepergiannya kejayaan dari Blaugrana mulai pudar hingga kerap berganti-ganti pelatih. Terakhir Setien justru membuat klub kian mengecewakan hingga harus memangggil ketersediaan dari Koeman yang tengah sibuk menukangi Timnas Belanda.

Tanpa perlu mencari pelatih baru, Lluiz Fernandez Ala selaku calon kandidat presiden pengganti Josep Maria Bartomeu, menyebut Barca sudah memiliki Pep Guardiola baru. Dia adalah Francisco Javier Garcia Pimienta yang punya potensi setelah menjanjikan bareng klub cadangan.

"Kami sangat menyukai Garcia Pimienta, dan sangat yakin ia akan menjadi sosok Pep Guardiola yang baru. Terkadang kita punya masalah mempercayai para pemain lokal, tapi proyek ini jelas adanya dan kita akan mengembangkan lagi kekuatan dari La Masia," tutur Fernandez Ala dilansir Marca.

"Tidak akan ada penghargaan jika tak adanya peran serta para pemain muda, kita memang butuh perubahan. Kondisi saat ini tak bisa disangkal jika terjadi hattrick kekacauan meliputi ekonomi, performa, dan masalah sosial," tambahnya.

Secara garis besar Garcia Pimienta mungkin memang layak untuk menukangi tim utama setelah punya pengalaman bergabung sebagai pemain di masa lampau. Kinerjanya beserta pengalaman bersama Barcelona B pun cukup meyakinkan.

Sosok Garcia Pimienta ini pun akan menjadi opsi alternatif dari Barcelona setelah resmi memecat Quique Setien. Seperti diketahui jelang bergulirnya LaLiga Spanyol sekali lagi, kursi pelatih saat ini justru bakal diduduki oleh Ronald Koeman, teman seangkatan Pep Guardiola.