Liga Spanyol

Diobral Murah, Ini 5 Pemain yang Bakal Dilepas Barcelona Era Koeman

Rabu, 19 Agustus 2020 20:23 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Sebanyak lima pemain sepak bola Barcelona langsung terancam didepak setelah Ronald Koeman resmi menjadi pelatih baru di klub LaLiga Spanyol tersebut. Copyright: © Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Sebanyak lima pemain sepak bola Barcelona langsung terancam didepak setelah Ronald Koeman resmi menjadi pelatih baru di klub LaLiga Spanyol tersebut.

INDOSPORT.COM - Sebanyak lima pemain sepak bola Barcelona langsung terancam didepak setelah Ronald Koeman resmi menjadi pelatih baru di klub LaLiga Spanyol tersebut.

Barcelona memang baru saja menunjuk mantan pelatih Everton dan timnas Belanda, Ronald Koeman, untuk menjadi manajer baru mereka menggantikan Quique Setien. Penunjukannya hanya selang beberapa hari usai pendepakan Setien.

Setien memang dinilai gagal dalam mengembalikan kejayaan Barcelona sekaligus mempertahankan filosofi permainan klub Catalan itu di musim lalu (2019/20). Barcelona gagal juara LaLiga Spanyol 2019/20 dan tersingkir dari Liga Champions 2019/20.

Nasib tragis itulah yang membuat klub berjuluk Blaugrana tersebut untuk memutuskan memecat Setien dan merekrut Koeman, yang memang pernah jadi asisten pelatih mereka ketika 1998-2000. Pihak manajemen memberi tugas pada Koeman, membuat Barcelona kembali bersinar mulai musim depan.

Hal tersebut tentu bukan perkara mudah. Karena, bagaimanapun Barca sedang dalam kondisi yang memprihatinkan. Mereka dikabarkan bakal ditinggal Lionel Messi. Lebih parah, situasi finansial dalam klub tersebut juga sedang hancur-hancuran.

Namun, karena hal itulah Koeman bisa mengambil keputusan untuk membenahi skuat asuhannya dengan cara menjual beberapa pemain. Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, setidaknya ada lima pemain yang terancam didepak Koeman.

1. Ivan Rakitic (Gelandang)

© Xavi B. / AFP7 / Europa Press Sports via Getty Images
Ivan Rakitic selebrasi di laga LaLiga Barcelona vs Athletic Bilbao. Copyright: Xavi B. / AFP7 / Europa Press Sports via Getty ImagesIvan Rakitic selebrasi di laga LaLiga Barcelona vs Athletic Bilbao.

Bukan hal yang aneh jika Ivan Rakitic masuk dalam daftar ini. Pasalnya, ia memang sudah pernah hendak dibuang Barcelona ketika bursa transfer musim panas 2020. Namun, Rakitic keras kepala dengan terus memperjuangkan posisinya di lini tengah klub Catalan.

Apalagi, Rakitic juga sudah berusia 32 tahun, sebuah kondisi yang membuatnya sudah tak lagi dalam performa terbaik. Dengan penurunan performa di musim lalu, Koeman bisa saja mendepak Rakitic. Jika hal ini terjadi, Inter Milan dan Juventus bisa menampungnya.

2. Arturo Vidal (Gelandang)

© David Ramos/Getty Images
Arturo Vidal merayakan golnya dalam laga Barcelona vs Real Mallorca Copyright: David Ramos/Getty ImagesArturo Vidal merayakan golnya dalam laga Barcelona vs Real Mallorca

Serupa, tapi tak sama. Arturo Vidal sebenarnya juga tak terlalu bersinar di musim lalu seperti Rakitic. Ia pun sedang jadi incaran Inter Milan dan Juventus dari Serie A Liga Italia. Namun bedanya, Vidal selalu dipertahankan Ernesto Valverde dan Setien karena ia mampu membuat permainan Blaugrana bervariasi.

Meski demikian, variasi permainan bukan tujuan final. Kenyataannya, Vidal tak mampu memberi kontribusi bagi klub di LaLiga Spanyol ataupun Liga Champions. Barcelona tetap gagal meraih gelar. Sehingga, akan lebih baik bila Vidal hengkang dari Camp Nou.