Liga Indonesia

Pelatih Persib Tanggapi Regulasi Pergantian Pemain di Liga 1

Rabu, 19 Agustus 2020 17:16 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (13/08/2020). Copyright: © Media Officer Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (13/08/2020).

INDOSPORT.COM - Tim Persib Bandung kemungkinan besar akan menggunakan jatah lima pergantian pemain yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 2020 digulirkan kembali pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021.

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, regulasi lima pergantian pemain akan dibutuhkan oleh timnya, karena kompetisi Liga 1 2020 akan berlangsung padat. Sehingga, harus ada rotasi pemain untuk mencegah kelelahan dan cedera.

"Saya pikir itu akan dibutuhkan, jika apa yang saya dengar, rencananya semua tim harus melakukan perjalanan menggunakan bus," kata Robert Alberts.

"Dibutuhkan banyak pemain dan pergantian pemain, karena jika saya melihat proposal jadwal liga sejauh ini, jadwalnya sangat padat karena digelar pada Oktober hingga Februari dengan memainkan 31 pertandingan, ada enam atau tujuh pertandingan dalam satu bulan," ucap Robert Alberts menambahkan.

Selain itu, pada lanjutan kompetisi Liga 1 2020 ini tim akan melakoni pertandingan tandang dengan menggunakan bus. Sehingga, hal itu akan menguras kebugaran pemain menjelang laga, lantaran harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan.

"Dan jika melakukan perjalanan menggunakan bus, artinya dibutuhkan waktu sekitar 10 jam dan itu akan sangat mempengaruhi kelelahan dari pemain dan risiko cedera," ujar Robert Alberts.

"Jadi saya menunggu informasi resmi soal itu. Jika ini benar terjadi, maka kami harus melakukan persiapan yang bagus bagaimana pemain siap menghadapi pertandingan dan pergantian hingga lima pemain itu masuk akal," jelasnya.

Sementara itu, Persib akan menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, sebagai homebasenya saat mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Selain itu, tim kebanggaan Bobotoh akan berusaha mempertahankan tren positif untuk menjaga posisi di puncak klasemen.