Liga Champions

Olympique Lyon Tumbang, Ajax Amsterdam Ketiban Berkah

Kamis, 20 Agustus 2020 12:38 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Michael Regan - UEFA/UEFA via Getty Images
Para pemain Bayern Munchen merayakan gol Serge Gnabry kontra Lyon di semifinal Liga Champions 2019/20, Kamis (20/08/20) dini hari WIB. Copyright: © Michael Regan - UEFA/UEFA via Getty Images
Para pemain Bayern Munchen merayakan gol Serge Gnabry kontra Lyon di semifinal Liga Champions 2019/20, Kamis (20/08/20) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM – Kekalahan yang diderita Olympique Lyon di babak semifinal Liga Champions 2019/20 memberi berkah tersendiri bagi raksasa Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam.

Lyon sesuai dugaan harus tumbang dari raksasa Jerman, Bayern Munchen di babak semifinal. Kekalahan ini mengakhiri perjalanan Les Gones yang memang tampil apik sejak babak 16 besar.

Di babak penyisihan, Lyon harus menghadapi tim-tim kuat Eropa lainnya. Pada babak 16 besar Les Gones menghadapi Juventus. Secara tak terduga, tim arahan Rudi Garcia ini menyingkirkan Si Nyonya Tua.

Lalu di babak delapan besar, Lyon diyakini akan tersingkir karena bertemu Manchester City. Namun secara mengejutkan, Les Gones kembali mampu membalikkan prediksi dan membungkam The Citizens dengan skor 3-1.

Usai dua laga tersebut, banyak yang menduga bahwa Olympique Lyon akan membuat kejutan di semifinal. Sayangnya, langkah Les Gones harus terhenti setelah Bayern Munchen menang 3-0. Hasil ini diam-diam memberi keuntungan bagi Ajax Amsterdam.

Kekalahan Lyon di semifinal Liga Champions membuat Ajax dipastikan akan tampil di Liga Champions musim depan. Hal ini lantaran koefisien yang dimiliki Eredivisie Belanda.

Pada 2018/19, Eredivisie Belanda berada di peringkat ke-11. Berbeda jauh dengan Ligue 1 Prancis yang berada di tempat kelima. Lyon yang hanya finis di tempat ketujuh harus menjuarai Liga Champions agar kembali turut serta dalam kompetisi ini.

Namun kekalahan di semifinal membuat Lyon harus memupus harapannya tampil di kompetisi elit tersebut. Kekalahan tersebut memberi tuah bagi Ajax yang berstatus juara Eredivisie Belanda yang secara koefisien bisa lolos ke Liga Champions asalkan sang pemenang telah memastikan diri lolos di kancah domestik.

Tentu kepastian ini menjadi berkah bagi Ajax Amsterdam. Bukan tidak mungkin De Godenzonen akan membuat kejutan sama seperti musim 2018/19 silam kala membungkam tim-tim besar dan lolos ke semifinal Liga Champions.