Liga Indonesia

Pelatih Kiper Persebaya Perkirakan Ernando Pulih dalam Waktu 16 Minggu

Kamis, 20 Agustus 2020 16:16 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Herry Ibrahim
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Kiper Persebaya dan Timnas U-19, Ernando Ari. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Kiper Persebaya dan Timnas U-19, Ernando Ari.

INDOSPORT.COM - Kiper Persebaya Surabaya yang saat ini tengah ikut menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19, Ernando Ari Sutaryadi diketahui tengah mengalami cedera bahu. Saat ini Ernando kabarnya menjalani operasi untuk penyembuhan cederanya itu.

Pelatih kiper Persebaya, Benny Van Breukelen yang sudah tahu persis cedera yang dialami salah satu anak didiknya itu mengatakan butuh waktu lama untuk proses penyembuhan. 

“Kalau ditangani dengan baik dan benar, pemainnya juga mau sabar saya rasa kurang lebih 16 minggu sudah bisa latihan lagi,” kata Benny saat dihubungi INDOSPORT pada Kamis (20/08/20).

Meskipun dalam waktu 16 minggu bisa pulih seperti yang diprediksi oleh Benny, Ernando tak lantas bisa langsung berlatih normal seperti biasa. 

“Harus dimulai dengan latihan yang ringan dulu. Nando mungkin tidak bisa nangkap-nangkap bola dulu,” lanjut mantan pelatih kiper Niac Mitra itu.

Benny berharap Ernando sejenak melupakan sepak bola terlebih dahulu, fokus kepada proses penyembuhan cedera bahu yang dia alami. Namun apabila tetap ingin berlatih, Ernando tidak diperkenankan untuk memakai bola.

Sekedar informasi, cedera yang dialami Ernando ini merupakan cedera lama yang muncul kembali. Benny sudah mengetahui sejak beberapa saat yang lalu, pada saat melatih Persebaya Surabaya.

Usai melihat salah satu anak didiknya mengalami cedera, Benny terus memantau kondisi Ernando. Bahkan pada saat tim pelatih Persebaya menginstruksikan pemain untuk berlatih mandiri karena pandemi Covid-19.

Selama latihan mandiri di rumahnya, Semarang, Benny terus berbincang dengan Ernando dan berkomunikasi dengan salah satu kawannya yakni FX Cahyono. Ernando kala itu berlatih bersama dengannya.