Bola Internasional

Rencana PSSI Naturalisasi 5 Pemain Brasil Terkungkap, Media Asing Kaget

Kamis, 20 Agustus 2020 18:22 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© PSSI
Rencana PSSI Naturalisasi 5 Pemain Brasil Terkungkap, Media Asing Kaget Bukan Main. Copyright: © PSSI
Rencana PSSI Naturalisasi 5 Pemain Brasil Terkungkap, Media Asing Kaget Bukan Main.

INDOSPORT.COM - PSSI rupanya memiliki rencana cukup mengejutkan untuk membuat Timnas Indonesia U-19 berprestasi di ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Rencana PSSI tersebut yaitu akan melakukan naturalisasi terhadap lima pemain muda asal Brasil. Saat ini empat pemain sudah berada di Indonesia dan menjalani latihan di Arema FC dan Persija Jakarta.

Kelima pemain itu bernama Pedro Henrique Bartoli Jardim, Hugo Guilherme Correa Grillo (Arema FC), Thiago Apolinario dan Maike Henrique (Persija Jakarta).

Serta satu pemain lagi bernama Leozao akan segera merapat ke Madura United. Bahkan rencana PSSI itu diakui sendiri oleh Presiden Madura United, Achsanul Achsanul Qosasi.

Kabar mengejutkan ini kemudian tercium oleh media tetangga, Malaysia bernama vocketfc. Dalam artikelnya, media tersebut tidak menyangka PSSI akan memakai cara seperti itu.

Apalagi Indonesia dinilai memiliki sumber daya manusia yang banyak. Tentu masih banyak stok pemain-pemain berkualitas untuk Timnas Indonesia U-19.

"Cara PSSI untuk membentuk Timnas Indonesia U-20 yang kuat demi meraih kejayaan di Piala Dunia U-20 2021 mulai terungkap. Ternyata, salah satunya adalah dengan membuka opsi melakukan naturalisasi pemain," tulis vocketfc.

"Apabila benar-benar terjadi, wacana ini pastinya akan menimbulkan perdebatan publik karena Indonesia masih memiliki stok pemain lokal dan keturunan yang melimpah," imbuhnya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada klarifikasi resmi dari PSSI mengenai terbongkarnya rencana melakukan naturalisasi tersebut.

Banyak masyarakat tanah air yang menginginkan supaya Timnas Indonesia U-19 bisa berlaga di Piala Dunia U-20 2021 mendatang dengan menggunakan jasa anak bangsa.