Liga Italia

4 Pemain Kunci Keberhasilan Spezia Lolos ke Serie A Italia

Jumat, 21 Agustus 2020 17:04 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Para pencinta sepak bola Italia dikejutkan dengan klub bernama Spezia. Pasalnya, klub 'antah-berantah' ini berhasil promosi ke Serie A Italia musim 2020/2021.

Uniknya lagi, promosi mereka didapat usai menelan kekalahan di leg kedua dalam fase play-off ke Serie A Italia. Kekalahan itu mereka dapatkan dari Frosinone pada Jumat (21/08/2020) dini hari WIB.

Sejatinya, Spezia berhasil memenangkan laga leg pertama dengan skor 1-0. Namun pada leg kedua, mereka kalah 0-1 dari Frosinone lewat gol yang dicetak Marcus Rohden di menit ke-61. Secara agregat, keduanya masih imbang 1-1.

Akan tetapi, Spezia tetap berhak promosi ke Serie A Italia. Sebab, menurut aturan baru liga gara-gara pandemi corona, tidak ada babak perpanjangan waktu ataupun adu penalti apabila skor tetap imbang di waktu normal.

Tim yang promosi pun ditentukan berdasarkan posisi di klasemen akhir Serie B.

Nah, terkait play-off kali ini, Spezia berhak ke Serie A 2020/21 lantaran berperingkat 3, sementara Frosinone di urutan kedelapan klasemen akhir Serie B.

Dengan demikian, sejarah pun tercipta bagi Spezia karena untuk pertama kalinya sejak berdiri pada 1906, mereka bisa mentas di Serie A Liga Italia.

Spezia menyusul jejak Benevento (juara Serie B 2019/20) dan  Benevento (runner up) yang terlebih dahulu menyegel status tim promosi Serie A 2020/21.

Dongeng Spezia lolos ke Serie A Italia nyatanya tak lepas dari peran beberapa pemain kunci selama satu musim terakhir. Berikut INDOSPORT rangkum empat pemain kunci yang mampu membawa Spezia mencetak sejarah di sepanjang klub tersebut bernaung.