Bola Internasional

5 Transfer Terbaik Ronald Koeman Sebelum ke Barcelona, 2 Jadi Bintang Liverpool

Jumat, 21 Agustus 2020 20:11 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Berikut tersaji lima transfer terbaik Ronald Koeman sebelum ia resmi menjadi pelatih Barcelona, dimana dua di antaranya adalah bintang Liverpool. Copyright: © Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Berikut tersaji lima transfer terbaik Ronald Koeman sebelum ia resmi menjadi pelatih Barcelona, dimana dua di antaranya adalah bintang Liverpool.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima transfer terbaik Ronald Koeman sebelum ia resmi menjadi pelatih klub LaLiga Spanyol, Barcelona. Dua dari transfer tersebut merupakan bintang Liverpool.

Ronald Koeman memang baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona. Ia mengisi posisi Quique Setien dan diyakini bakal mengembalikan filosofi Barcelona yang telah lama ditinggalkan.

Berusia 57 tahun, Koeman telah banyak pengalaman melatih klub-klub top Eropa, seperti Ajax Amsterdam (2001-2005), PSV Eindhoven (2006-2007), Valencia (2007-2008), Everton (2016-2017), dan lain-lain.

Namun, bukan hanya taktik dan strategi maut yang membuat nama Koeman bersinar di mata para pengamat sepak bola, tapi juga kejeniusannya dalam jual beli pemain di bursa transfer.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut tersaji lima transfer terbaik Ronald Koeman sepanjang sejarah kepelatihannya, dimana dua di antaranya adalah bintang andalan Liverpool.

1. Dusan Tadic (Twente ke Southampton)

© INDOSPORT
Dusan Tadic melakukan selebrasi usai cetak gol pada laga Liga Champions 16 besar di stadion Bernabeu, Rabu (06/03/19) Spanyol. Copyright: INDOSPORTDusan Tadic melakukan selebrasi usai cetak gol pada laga Liga Champions 16 besar di stadion Bernabeu, Rabu (06/03/19) Spanyol.

Koeman melatih klub Liga Inggris, Southampton, pada 2014 yang lalu. Ternyata, ia langsung punya pemikiran untuk membawa playmaker klub Belanda, Twente, yang bernama Dusan Tadic ke Soton dengan dana 14 juta euro (Rp272 miliar).

Pilihannya itu ternyata tokcer. Dusan Tadic sukses mencetak gol pertamanya melalui penalti ketika Soton melawan Arsenal di Emirates Stadium. Ia pun sukses menjadi pemain kunci klub tersebut bahkan setelah koeman pindah ke Everton pada 2016.

2. Sadio Mane (RB Salzburg ke Southampton)

© Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Sadio Mane merayakan golnya di laga Liverpool vs Bournemouth Copyright: Alex Livesey - Danehouse/Getty ImagesSadio Mane merayakan golnya di laga Liverpool vs Bournemouth

Megabintang Liverpool ini juga menjadi perekrutan Koeman dari Red Bull Salzburg ke Southampton pada 2014, tahun pertama sang pelatih menukangi Soton atau The Saints. Mane langsung menjadi pemain yang paling diincar di Liga Inggris kala itu.

Sadio Mane sukses menjadi salah satu pemain elit di luar klub The Big Six (Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur). Ia juga sukses menjadi pencetak hat trick tercepat dalam sejarah Liga Inggris ketika Southampton melawan Aston Villa pada 2015.