Liga Champions

Juara Liga Champions, Lewandowski Resmi Akhiri Era Messi dan Ronaldo

Senin, 24 Agustus 2020 06:48 WIB
Editor: Coro Mountana
© M. Donato/FC Bayern via Getty Images
Robert Lewandowski berselebrasi usai Bayern Munchen menghancurkan Lyon Copyright: © M. Donato/FC Bayern via Getty Images
Robert Lewandowski berselebrasi usai Bayern Munchen menghancurkan Lyon

INDOSPORT.COM – Usai membawa Bayern Munchen juara Liga Champions untuk yang keenam kalinya, Robert Lewandowski juga secara resmi telah mengakhiri era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Bayern Munchen akhirnya menjadi yang terbaik di Eropa setelah sukses menghempaskan Paris Saint-Germain pada final Liga Champions. Gol tunggal Kingsley Coman menjadi penentu kemenangan Bayern Munchen dalam laga yang sangat sengit di Estadio da Luz.

Sontak keberhasilan Bayern Munchen itupun disambut dengan gegap gempita oleh seluruh pemain, termasuk Robert Lewandowski. Apalagi striker Polandia itu juga sukses menjadi top skor Liga Champions dengan torehan 15 gol.

Sesungguhnya, gelar top skor Liga Champions itu juga bisa dimaknai bahwa Lewandowski telah berhasil secara resmi mengakhiri era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Soalnya untuk pertama kali sejak 13 tahun lalu, gelar top skor Liga Champions akhirnya bukan menjadi milik Messi atau Ronaldo.

Terakhir kali, gelar top skor Liga Champions dimenangkan bukan Messi dan Ronaldo terjadi pada musim 2006/07. Ketika itu, Kaka berhasil menjadi top skor dengan 10 gol sekaligus membawa AC Milan menjadi juara Liga Champions dengan mengalahkan Liverpool di final.

Setelah itu, secara bergantian, Messi dan Ronaldo memenangi gelar top skor Liga Champions. Messi menjadi top skor sebanyak 6 kali, sedangkan Ronaldo sukses jadi raja gol Eropa sebanyak 7 kali.

Satu-satunya pemain yang sempat menjadi top skor selain Messi dan Ronaldo adalah Neymar pada musi 2014/15. Tapi itupun ia harus berbagi gelar dengan Messi dan Ronaldo yang punya jumlah gol sama dengan Neymar.

Cerita berbeda dialami Lewandowski di mana ia sendiri berhasil menguasai takhta raja gol Eropa. Sontak ini seperti menjadi penanda jika musim ini menjadi akhir dari era Messi dan Ronaldo yang peformanya mulai termakan usia.